1. **Mengembangkan Kurikulum Bahasa yang Komprehensif**
  - Sekolah perlu mengembangkan kurikulum bahasa yang mencakup aspek-aspek penting seperti keterampilan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara.
  - Kurikulum harus disusun secara sistematis, berjenjang, dan sesuai dengan tahap perkembangan siswa.
2. **Memperkuat Kompetensi Guru dalam Mengajar Bahasa**
  - Sekolah perlu memberikan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru-guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar bahasa.
  - Guru harus dibekali dengan strategi, metode, dan teknik pembelajaran bahasa yang efektif.
3. **Menyediakan Sumber Belajar yang Memadai**
  - Sekolah harus menyediakan buku teks, buku bacaan, media pembelajaran, dan sumber-sumber belajar bahasa yang lengkap dan berkualitas.
  - Siswa harus didorong untuk memanfaatkan sumber belajar tersebut secara optimal.
4. **Menciptakan Lingkungan Berbahasa yang Kondusif**
  - Sekolah perlu menciptakan lingkungan yang mendorong siswa untuk aktif menggunakan bahasa, baik di dalam maupun di luar kelas.
  - Sekolah dapat membuat program-program seperti lomba debat, festival bahasa, dan budaya membaca untuk meningkatkan motivasi siswa.
5. **Melibatkan Orang Tua dalam Pembelajaran Bahasa**
  - Sekolah perlu menjalin kerja sama dengan orang tua untuk mendukung pembelajaran bahasa di rumah.
  - Orang tua dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang mendorong penggunaan bahasa di rumah, seperti membaca bersama, menulis cerita, dan berdiskusi.
6. **Menerapkan Penilaian Berbasis Kinerja**
  - Sekolah perlu menerapkan penilaian yang tidak hanya mengukur aspek kognitif, tetapi juga keterampilan berbahasa siswa.
  - Penilaian berbasis kinerja, seperti presentasi, wawancara, dan portofolio, dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan berbahasa siswa.
7. **Memantau dan Mengevaluasi Secara Berkelanjutan**
  - Sekolah harus memantau secara berkala kemajuan pembelajaran bahasa siswa dan mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran yang diterapkan.
  - Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran bahasa di sekolah.
Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, diharapkan pembelajaran bahasa di sekolah dasar dapat ditingkatkan secara komprehensif dan memberikan dampak positif bagi perkembangan kemampuan berbahasa siswa