Nabila Paputungan¹, Novianty Djafri²
Manajemen pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Pendidikan adalah sebuah proses pemartabatan manusia menuju puncak optimasi potensi kognitif, afektif, dan psikotomorik yang dimilikinya, dan pendidikan juga merupakan proses membimbing, melatih, memandu manusia agar terhindar dari kebodohan dan pembodohan, pendidikan juga dapat dijadikan sebagai proses elevasi yang dilakukan secara nondiskriminasi, dinamis dan intensif menuju kedewasaan individu, yang dilakukan secara kontinyu dengan sifat yang adaptif dan nirlimit atau tiada akhir. Tugas dan fungsi utama pendidikan adalah membangun manusia yang beriman, cerdas dan kompetitif. Selain itu, fungsi pendidikan harus menanamkan keyakinan kepeda peserta didik bahwa untuk mencapai kemajuan bangsa yang lebih baik dimasa yang akan datang haruslah dengan ilmu pengetahuan. Secara teknis dan kelembagaan, pendidikan berfungsi untuk memfasilitasi proses pembelajaran bagi peserta didik, sehingga ia mampu mentransmisi pengetahuan yang diperolehnya dengan baik dan efektif. Tujuan pendidikan adalah untuk mengmbangnkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa,berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.
PENAHULUAN
Semua informasi ilmiah, terutama yang berbahasa Indonesia, perlu ditingkatkan mutunya. Salah satunya yang mendesak adalah informasi tentang landasan kependidikan, sebab informasi ini melandasi pengembangan teori dan pratik pendidikan dalam rangka mewujujudkan ilmu pendidikan seperti ini dibutuhkan mengingat bahasa Indonesia memiliki kebudayaan, jiwa, semangat, dan kebiasaan hidup tersendiri, hidup dalam wilayah geografi tersendiri, serta memiliki filsafat hidup Pancasila yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.
Penelitian kepustakaan ini berusaha mengungkapkan konsep-konsep baru, terutama berkaitan dengan era gobalisasi sekarang, dan dengan kemungkinan terbentuknya filsafat pendidikan dan ilmu pendidikan yang bercorak Indonesia, serata dalam upaya mempercepat tercapainya tujuan pendidikan nasional yang menginginkan perkembangan manusia Indonesia seutuhnya yang dijiwai oleh sila-sila Pancasila.