Setiap peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda. Perbedaan tersebut dinamakan keberagaman. Keberagaman peserta didik disini yaitu berkaitan tentang keberagaman ras, etnis, budaya, dan bahasa dari masing – masing anak (Heni Rahmawati, November 2021). Keberagaman peserta didik bermacam – macam, seperti keberagaman budaya, agama, sosial, kemampuan, kebutuhan, dan gaya belajar. Dengan adanya keberagaman tersebut, menjadi tantangan dalam pemenuhan target kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam suatu sistem pendidikan, karena itu kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran pada semua jenis dan tingkat pendidikan (Alhaddad, Juni 2018). Kurikulum berperan sangat penting dalam pembelajaran dan memiliki target. Kurikulum ini bertujuan untuk mengasah berbagai kompetensi pada anak, seperti komunikasi, kreativitas, dan pemikiran kritis (Siti Wahyuningsih1, Desember 2024). Karena pada dasarnya, target kurikulum dirancang dengan menilai semua peserta didik memiliki latar belakang yang sama dan setara. Namun kenyataannya, tidak semua peserta didik memiliki latar belakang yang sama dan dapat mengikuti jalannya pembelajaran dengan sama.
KEMBALI KE ARTIKEL