Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Meningkatkan Kesiapan Guru Melalui Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengelola Pembelajaran di Kelas Inklusi

30 Desember 2023   18:28 Diperbarui: 30 Desember 2023   18:38 121 0
Pengelolaan kelas yang efektif dan efisien merupakan syarat bagi guru agar proses pembelajaran menjadi maksimal. Firanti et al. (2022) mengemukakan "pengelolaan kelas adalah bentuk usaha yang dilakukan oleh guru, meliputi merencanakan, mengatur, dan mengoptimalkan berbagai sumber, bahan, serta sarana pembelajaran yang ada di kelas dengan tujuan menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan berkualitas bagi siswa, serta terlaksananya kegiatan belajar yang diharapkan". Mintarsih (2017) mengemukakan "pembelajaran di sekolah inklusif, dimana di kelas tersebut terdapat anak berkebutuhan khusus, menuntut perubahan dan penyesuaian oleh guru agar tidak lagi berorientasi klasikal, namun menyesuaikan pada kebutuhan siswa". Mahmudah (2016) mengemukakan "dalam sekolah inklusi, bukan peserta didik yang menyesuaikan diri dengan manajemen atau pengaturan yang ada di sekolah, namun sekolah lah yang menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik". Hisbollah et al. (2023) mengemukakan "salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pendidikan inklusif adalah sistem pengelolaan kelas yang akan memengaruhi proses pembelajaran, terutama bagi anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari sistem pengelolaan kelas adalah untuk mempermudah guru dalam melaksanakan dan mengatur pelaksanaan pembelajaran di kelas agar efektif dan efisien". Dalam kelas inklusif, kemampuan yang dimiliki siswa reguler dengan siswa ABK memiliki perbedaan, sehingga pengelolaan pembelajaran juga harus dilakukan berbeda, menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa. (Mulyadi, 2022) mengemukakan "guru harus dapat mengenali dan mengidentifikasi berbagai siswa dan kenadala yang dihadapi agar dapat mudah dalam melaksanakan pembelajaran di kela, terutama di kelas inklusi, dimana terdapat siswa dengan kebutuhan khusus di dalamnya". Pembelajaran bagi siswa ABK perlu lebih disederhanakan agar lebih bermakna dan dapat dipahami dengan baik oleh siswa ABK. Oleh karena itu, seluruh elemen sekolah perlu bekerja sama dan berkolaborasi untuk menerapkan pendidikan inklusif di sekolah.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun