Pandangan kita terhadap soal pilihan ganda dapat bervariasi. Beberapa mungkin merasa bahwa soal ini lebih efisien karena memungkinkan mereka untuk menjawab lebih cepat dan lebih mudah mengukur kemampuan mereka. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa soal pilihan ganda dapat menjadi kurang menggali pemahaman mendalam dan hanya menguji pengetahuan dasar.
Soal uraian dalam pendidikan memiliki potensi untuk memengaruhi perubahan dalam proses pembelajaran jika digunakan secara efektif dan diintegrasikan dengan baik dalam sistem pendidikan. Ini karena soal uraian dapat memotivasi siswa untuk memahami konsep secara mendalam, mendorong pemikiran kritis, dan mengembangkan keterampilan komunikasi tertulis yang penting. Namun, penting untuk diingat bahwa perubahan dalam pendidikan tidak hanya tergantung pada jenis soal ujian, tetapi juga pada sejumlah faktor lain seperti kurikulum yang relevan, metode pengajaran yang inovatif, pelatihan guru yang baik, dan dukungan siswa yang holistik. Untuk mencapai perubahan yang signifikan dalam pendidikan, dibutuhkan pendekatan yang komprehensif dan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, guru, dan komunitas pendidikan. Soal uraian dapat menjadi salah satu alat yang mendukung perubahan ini, tetapi kesuksesannya bergantung pada konteks dan implementasinya dalam sistem pendidikan yang lebih besar.