Pemberdayaan guru adalah langkah krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Guru yang berdaya adalah guru yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri untuk mengajar dengan efektif. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh World Bank, kualitas guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan. Ketika guru dilengkapi dengan pelatihan yang tepat, sumber daya yang memadai, dan dukungan yang kuat, mereka dapat memberikan pembelajaran yang lebih baik kepada siswa.
Guru berdaya berarti guru yang memiliki kemampuan untuk menjalankan perannya dengan maksimal dalam segala situasi. Menurut Darling-Hammond (2017), guru yang berdaya tidak hanya menguasai metode pengajaran dan teknologi, tetapi juga mampu menginspirasi siswa melalui pendekatan yang bermakna.
Guru memiliki posisi yang sangat strategis dalam pendidikan. Mereka tidak hanya bertugas mentransfer pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan, karakter, dan sikap siswa. Dengan kata lain, guru adalah pilar utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya. Dalam konteks ini, guru berperan sebagai penggerak utama untuk mencapai tujuan tersebut.
Dalam era globalisasi yang penuh tantangan dan peluang, guru yang berdaya menjadi fondasi bagi Indonesia yang kuat dan berjaya. Dengan bimbingan mereka, generasi muda dapat berkembang menjadi individu yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing global. Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia, seperti keterbatasan akses, infrastruktur yang kurang memadai, dan kurangnya dukungan untuk pengembangan profesional, penting untuk memberikan perhatian khusus kepada kesejahteraan dan pengembangan guru. Dengan memberikan pelatihan dan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, kita tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran, tetapi juga meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja guru.
Guru yang berdaya tidak hanya mengajarkan mata pelajaran, tetapi juga membentuk karakter siswa, menanamkan nilai-nilai kebangsaan, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan.Pendidikan adalah kunci utama untuk kemajuan bangsa, dan guru adalah elemen penting dalam sistem pendidikan. Guru yang berdaya mampu menciptakan dampak besar bagi masa depan Indonesia.