Pendidikanmatematika di tingkat dasar memiliki peranan penting dalam membentuk kemampuankognitif anak. Matematika tidak hanya sebagai ilmu yang mempelajari angka dansimbol, tetapi juga sebagai alat untuk memecahkan masalah dan berpikir kritis. Sedangkan, perubahan zaman yang sangat cepat menyebabkan peningkatansignifikan pada komunitas lingkungan hidup, yang didorong oleh transkulturasidan perkembangan teknologi serta pengetahuan yang mengakibatkan dunia pendidikantelah berjalan secara dinamis seiring dengan era globalisasi. Dalam era digitalini, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif sangatdiperlukan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap matematika.Salah satu aplikasi editing video yang populer dan dapat dimanfaatkan untukmenciptakan konten pembelajaran yang interaktif adalah CapCut (Panggabean, 2024). Penggunaan mediapembelajaran berbasis teknologi didukung oleh beberapa regulasi di Indonesia,salah satunya adalah PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan danPenyelenggaraan Pendidikan, Pasal 129 menyebutkan bahwa pendidik harus memanfaatkanteknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.Selain regulasi, kajian ini juga terdapat beberapa teori yang mendukung yaitu: