NIM: 23010400075
Mata Kuliah: Komunikasi Massa L (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Dosen Pengampu: Sofia Hasna, S.I.Kom., M.A & R. Hiru Muhammad, S.Sos, M.I.Kom
Membangun Komunikasi Bertanggung Jawab: Etika Komunikasi Massa di Era Media Sosial
Manusia menggunakan komunikasi sebagai sarana untuk menyampaikan pemikiran, pendapat, ide bahkan gagasan mereka kepada individu lainnya, hal ini bertujuan untuk menciptakan pemahaman yang sama dari kedua belah pihak (komunikan dan komunikator) mengenai pesan yang akan dibicarakan. Komunikasi yang dilakukan tidak hanya secara tatap muka (langsung) tetapi juga dilakukan secara tidak langsung (dengan menggunakan media). Komunikasi dengan menggunakan media inilah yang kini sedang membudaya di kalangan masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan kebutuhan manusia yang kian hari kian kompleks, dituntut mengetahui informasi dengan cepat, akurat dan tanpa batas waktu maupun tempat.
Di era digital ini, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya telah menjelma menjadi ruang publik virtual di mana informasi dan ide dipertukarkan dengan bebas.
Namun, kebebasan ini tak lepas dari tanggung jawab. Era media sosial menghadirkan tantangan baru dalam hal etika komunikasi massa. Di tengah lautan informasi yang tak terhingga, mudah sekali bagi individu untuk menyebarkan informasi yang salah, memicu perselisihan, dan bahkan melakukan cyberbullying.
Oleh karena itu, pentingnya menerapkan etika komunikasi massa di era media sosial menjadi semakin krusial. Secara etimologis, kata “Etika”berasal dari bahasa Yunani “ethos”. Kata yang berbentuk tunggal ini berarti “adat atau kebiasaan”. Bentuk jamaknya “ ta etha” atau “ta ethe” artinya adat kebiasaan, sehingga etika merupakan sebuah teori tentang perbuatan manusia, yang ditimbang menurut baik dan buruknya atau sebuah ilmu yang menyelidiki mana yang bak dan mana yang buruk, dengan memperhatikan akal pikiran (Mufid, 2013).
Dengan demikian etika komunikasi adalah ilmu yang memperhatikan baik buruknya cara berkomunikasi.
Peran etika dalam komunikasi massa