PT. Unilever Indonesia melakukan serangkaian kegiatan outsourcing atau menggunakan pihak lain dalam menjalankan salah satu kegiatan packaging. Hal ini berfungsi untuk mengurangi biaya produksi dan memperbaiki efisiensi rantai pasok.
Pengendalian Inventori
Pengendalian inventori adalah aspek yang sangat penting dalam manajemen rantai pasok. PT. Unilever Indonesia menggunakan metode echelon inventory, yang merupakan metode yang menggambarkan jika tingkat dari ketersediaan tidak dilihat secara independen dari tiap mata rantai, namun secara keseluruhan dari tahap rantai pasok.
Strategi Distribusi
Strategi distribusi yang digunakan PT. Unilever Indonesia adalah Traditional Warehousing -- Cross Docking Distribution. Proses pengiriman produk oleh PT. Unilever Indonesia dilakukan dengan menggunakan transportasi darat, laut, dan udara. Model dari traditional warehousing yang digunakan oleh PT. Unilever Indonesia adalah centralized model, karena pusat distribusi untuk setiap daerah terletak di titik tertentu baru menuju tempat destinasi untuk retailer.