Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Supply Chain Management PT. Unilever Indonesia

13 Maret 2024   22:43 Diperbarui: 13 Maret 2024   22:49 3280 0
PT. Unilever Indonesia Tbk adalah perusahaan yang beroperasi di industri FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) dengan produk-produk yang beragam, termasuk sabun, deterjen, minyak sayur, makanan, dan produk kosmetik. Untuk menjamin ketersediaan produk yang optimal, perusahaan ini menggunakan strategi manajemen rantai pasok yang efektif. Berikut adalah beberapa aspek dari manajemen rantai pasok di PT. Unilever Indonesia:Strategi Outsourcing & Kerjasama

PT. Unilever Indonesia melakukan serangkaian kegiatan outsourcing atau menggunakan pihak lain dalam menjalankan salah satu kegiatan packaging. Hal ini berfungsi untuk mengurangi biaya produksi dan memperbaiki efisiensi rantai pasok.

Pengendalian Inventori

Pengendalian inventori adalah aspek yang sangat penting dalam manajemen rantai pasok. PT. Unilever Indonesia menggunakan metode echelon inventory, yang merupakan metode yang menggambarkan jika tingkat dari ketersediaan tidak dilihat secara independen dari tiap mata rantai, namun secara keseluruhan dari tahap rantai pasok.

Strategi Distribusi

Strategi distribusi yang digunakan PT. Unilever Indonesia adalah Traditional Warehousing -- Cross Docking Distribution. Proses pengiriman produk oleh PT. Unilever Indonesia dilakukan dengan menggunakan transportasi darat, laut, dan udara. Model dari traditional warehousing yang digunakan oleh PT. Unilever Indonesia adalah centralized model, karena pusat distribusi untuk setiap daerah terletak di titik tertentu baru menuju tempat destinasi untuk retailer.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun