Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Analisis SWOT

10 April 2022   17:16 Diperbarui: 18 April 2022   05:40 590 1
Hubungan SWOT dengan perencanaan strategis sudah berlangsung lama, sejak studi tahun 1957 oleh Selznick di TVA di mana ia mencatat bagaimana karakteristik internal organisasi dan orientasi eksternal mempengaruhi kebijakan strategis (Kong, 2008). Pada gilirannya, Ansoff (1965) mendefinisikan masalah strategi bisnis utama sebagai bagaimana mengkonfigurasi dan mengelola sumber daya perusahaan untuk memaksimalkan pencapaian tujuan (terutama sebagai Return on Earnings). Solusinya melibatkan pencarian sinergi di antara aset sehingga hasil gabungannya lebih besar daripada biaya jumlah suku cadang. Pencarian ini membutuhkan pembuatan "profil kemampuan" berdasarkan penilaian kekuatan dan kelemahan internal perusahaan saat ini. Kekuatan adalah "komponen sinergi dari strategi perusahaan" (hal 91). Kemudian, Andrews (1971) mengusulkan analisis industri atau potensi pasar untuk mengungkapkan peluang pasar. Menurut Mintzberg (1994), proses ganda penilaian internal dan eksternal ini membentuk model inti perumusan strategi yang muncul dari apa yang disebutnya "sekolah desain" strategi (kelompok sarjana kebijakan bisnis di Harvard). Model generik untuk strategi ini berusaha mengoptimalkan kesesuaian antara karakteristik internal perusahaan dan tuntutan lingkungan di mana ia beroperasi.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun