Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

17 Januari 2025   15:50 Diperbarui: 17 Januari 2025   15:50 13 0
Teori Lev Vygotsky tentang perkembangan sosial dan kognitif menyatakan bahwa perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh interaksi sosial dan konteks budaya. Teori ini juga dikenal sebagai teori sosiokultural Vygotsky.
Menurut Vygotsky, belajar adalah proses sosial yang penting, bukan proses penemuan yang dilakukan sendiri. Perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh interaksi dengan orang tua, guru, dan teman sebaya.
Berikut adalah beberapa poin penting dalam teori Vygotsky:
Interaksi sosial penting untuk perkembangan kognitif.
Alat-alat budaya seperti bahasa, simbol, dan teknologi membantu anak memahami dunia mereka.
Anak-anak belajar melalui interaksi dengan orang yang lebih terampil, seperti orang dewasa atau teman sebaya yang lebih maju.
Perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh lingkungan sosial, pola asuh, dan keteladanan orang tua.
Perkembangan kognitif anak dipengaruhi oleh budaya.
Perkembangan kognitif anak berkaitan erat dengan perkembangan bahasanya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun