Pada teks yang digunakan dalam kegiatan akademik, seperti artikel dan jurnal. menurut para ahli, teks akademik adalah teks yang ditulis dengan tujuan mengkomunikasikan informasi ilmiah dengan menggunakan bahasa yang formal dan baku. teks akademik adalah merupakan hasil berupa pengembangan dari usaha ilmuwan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diperoleh ilmuwan tersebut.
Â
Ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni diperoleh melalui karya sastra, kumpulan pengalaman, dan pengetahuan sebelumnya dari orang lain. teks non akademik biasa nya berupa fakta-fakta pribadi dan teks yang ditulis berdasarkan fakta-fakta tersebut, bukan teks yang didukung oleh fakta-fakta umum. teks non akademik adalah teks yang tidak didukung oleh fakta-fakta umum, tetapi biasanya didasarkan pada fakta-fakta pribadi dan ditulis dengan menggunakan bahasa formal yang umum.
Â
Teks akademis, juga disebut teks ilmiah, berbeda dengan teks non-ilmiah. teks non ilmiah adalah teks yang tidak didasarkan pada realitas dan penalaran ilmiah. ini adalah teks yang tidak didasarkan pada penalaran ilmiah. semua jenis teks non-ilmiah menyajikan fakta-fakta umum dan pribadi, tetapi tidak disajikan dengan cara yang tepat.
Â
Â
Â
MENGAPA BUDAYA MENULIS DI INDONESIA RENDAH?
Terbatasnya akses  sumber daya literasi seperti perpustakaan, buku, dan media cetak adalah salah satu faktor utama. akses  sumber daya literasi sangat sulit didaerah pedesaan dan diantaranya kelompok  yang kurang beruntung. faktor lainnya adalah kualitas pendidikan.
Â
Kedua, penggunaan teknologi digital juga mempengaruhi minat baca. meskipun teknologi telah meningkatkan aksesibilitas informasi, penggunaan media sosial dan hiburan digital yang tidak tepat dan berlebihan dapat menurunkan minat membaca buku dan sumber informasi literasi lainnya.
Â
Padahal, tingkat minat literasi sangat penting bagi negara. literasi adalah kunci untuk mengakses pengetahuan dan informasi. bisa meningkatkan minat literasi, masyarakat dapat memperluas pengetahuan mereka, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, dan meningkatkan kualitas hidup nya.
Â
MINAT BACA RENDAH, APRESIASI YANG BELUM MEMADAI MINIMNYA KETERAMPILAN.
Membaca dan menulis adalah kegiatan dimana otak membaca, menerjemahkan, dan menampilkan konten. untuk memperoleh kemampuan tersebut, empat keterampilan bahasa perlu diperoleh secara bersamaan. Empat keterampilan berbahasa yang dimaksud adalah mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. keempat keterampilan ini saling berkaitan. Jika keempat keterampilan berbahasa tersebut tidak ada dalam diri seseorang, maka ia dianggap tidak memiliki kemampuan untuk mencerna dengan baik apa yang dibacanya (Halim, 2017).
Â
Literasi merupakan fondasi awal yang penting dalam kehidupan anak. anak-anak mengembangkan keterampilan social melalui bahasa, dan keterampilan bahasa memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan dan merumuskan ide untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Â
FUNGSI OTAK KIRI DAN KANAN
Fungsi otak kiri
>Untuk memulai membuatnya catatan catatan
> Menyusun ide dan catatan, untuk membuat daftar tugas- tugas, dan mengatur jadwal.
> Mengevaluasi draf awal yang masih kacau. membutuhkan waktu untuk menyunting, menyarankan perubahan perubahan struktural, mengarahkan proses penyuntingan dan menyusun bahan dengan logis.
> Mengambil waktu untuk mengedit dan memangkas bagian- bagian yang menyimpang dan kata-kata yang basi dan terus diulang. menyusun draf naskah yang final, memoles tata bahasa, menggunakan kamus untuk memeriksa ejaan dan makna kata yang digunakan.
Â
Â
Â
Fungsi otak kanan.
>Otak kanan mulai melukiskan kata-kata.
>Menjelajahi indera, emosi, dan imajinasi sehingga menciptakan kreatifitas yang tinggi.
>Otak kanan dan otak kiri berkolaborasi dalam proses penyuntingan, penyuntingan dan penyuntingan!
>Melihat buku secara keseluruhan. kemudian, saat buku itu dipasarkan, otak kiri mencari penerbit dan memikirkan strategi penerbitannya. otak kanan membantu menciptakan pemasaran yang kreatif.
Â
Â
Â
Â
Â
TUJUAN DAN MANFAAT MENULIS
 Tujuan
>Mempengaruhi   >Mengabarkan  >Mengungkapkan
 Manfaat
>Mencegah kepikunan  >Perekam Sejarah   >Media Dakwah        >Media Belajar        >Media Komunikasi
Â
BENTUK TEKS
1. Teks narasi
Tujuan dari narasi adalah untuk menceritakan sebuah kisah atau menceritakan sebuah narasi. karangan ini
disusun dalam urutan kronologis karakter dan ada konflik.
Sebagai contoh, dalam sebuah cerita pendek (misalnya cerpen), cerita pendek (misalnya novel).
Â
2. Teks argumentasi
Apa yang dimaksud dengan argumentasi?
adalah karangan yang dirancang untuk mengkomunikasikan ide dan pemikiran, dan karangan yang ditulis untuk menyampaikan pikiran, pendapat, ide, dan pandangan penulis
disertai dengan bukti atau alasan untuk meyakinkan pembaca.
Â
3. Teks deskripsi
Adalah tentang suatu benda, tempat, gagasan, kesan, hal, peristiwa, dll. yang ingin disampaikan oleh penulis.
tujuan menulis karangan deskripsi adalah untuk membuat gambaran yang jelas tentang sesuatu tersebut.
Â
4. Teks eksposisi
Apa yang dimaksud dengan eksposisi?
Adalah menjelaskan, mendeskripsikan, mengajarkan,
menginformasikan, dan menjelaskan.
yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu. teks ini tidak mengharuskan pembaca untuk mengikuti atau menerimanya.
Â
Â
TEKS AKADEMIK
Penulisan akademik juga disebut sebagai
sskarya tulis ilmiah. Ini adalah sebuah
artinya, karya tulis ilmiah adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan akademik.
hal ini sejalan dengan fakta bahwa karya tulis ilmiah merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan akademik.
Â
FUNGSI> 1. Pendidikan  2. Penelitian   3. Fungsional
Â
Â
Â
Â
sumber: