Analisa memang dibutuhkan untuk memulai bisnis apapun (termasuk jasa keuangan) karena pebisnis yang menjalankan bisnis tanpa perhitungan matang biasanya hanya akan mendapatkan kerugian. Namun, mereka bisa saja mendapatkan keuntungan selama mereka masih bernasib baik. Pebisnis memang harus memahami kondisi pasar dan mampu memenuhi kebutuhan pasar. Dengan pemahaman yang utuh terhadap kondisi dan peluang pasar, pebisnis bisa menemukan titik temu antara penawaran dan permintaan. Analisa ini harus memperhitungkan berbagai masalah yang mungkin ada di pasar dan pebisnislah yang menyelesaikan masalah tersebut dengan menyediakan produk atau jasa tertentu.
Bisnis waralaba bisa mendatangkan keuntungan selama kondisi dan selera masyarakat mendukung penjualan produk tersebut. Selain itu, harga produk juga harus disesuaikan dengan daya beli masyarakat. Bisnis UKM memang berbeda dengan bisnis skala besar. Pebisnis harus benar-benar memahami kebutuhan dan keinginan rakyat kecil karena mereka adalah target utama dari produk atau jasanya. Selain itu, keberadaan pesaing juga menjadi faktor penting dalam analisa pasar. Pesaing bukanlah ancaman karena bisnis tanpa persaingan tidak akan memicu pengusaha untuk mengembangkan usahanya.
Jika ada waralaba lain yang menjual produk sejenis, Anda harus menemukan celah untuk berinovasi dengan produk Anda. Pewaralaba harus memahami seberapa besar kekuatan pesaing dan cara yang tepat untuk memenangkan persaingan. Cara yang lumrah dilakukan adalah meningkatkan kualitas produk dan layanan. Selain itu, strategi pemasaran juga harus dirombak sehingga lebih komunikatif bagi konsumen.
Terlepas dari jenis bisnis yang Anda tekuni, Anda harus memahami kondisi pasar yang akan menjadi target utama dari bisnis Anda. Bisnis produk atau jasa keuangan tertentu bisa mendatangkan keuntungan selama masih “klop” dengan kondisi pasar.