Apa itu humas atau dalam istilah berbahasa Inggris disebut Public Relations (PR)? Grunig (1984:6) menyatakan bahwa Public Relations atau Humas adalah, ...the management of communication between an organization and its publics. (Humas adalah kegiatan manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dengan berbagai macam publiknya). Dari definisi tersebut maka dapat kita ambil poin penting yakni adanya kegiatan manajemen komunikasi suatu organisasi. Sementara itu komunikasi sendiri mempunyai maksud proses penyampaian informasi kepada pihak lain agar terjadi kesepahaman. Untuk mewujudkannya maka diperlukan sebuah komunikasi yang efektif. Menurut Jalaludin dalam bukunya Psikologi Komunikasi (2008:13) meyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tidakan. Untuk mewujudkan komunikasi yang efektif tersebut bisa berwujud verbal maupun non verbal. Bentuk komunikasi verbal biasanya berbentuk tulisan maupun lisan. Dari bentuk komunikasi inilah maka keahlian berbahasa seorang pejabat kehumasan diperlukan. Baik itu bahasa daerah, bahasa nasional maupun bahasa asing semuanya sangat diperlukan bagi seorang pejabat humas. Hal ini karena pesan yang disampaikan oleh seorang pejabat humas tidak hanya orang lokal saja namun juga kemungkinan orang asing.
KEMBALI KE ARTIKEL