Tindakan konkret yang akan saya lakukan untuk terus mengembangkan keterampilan literasi berdasarkan pemahaman dari kelas adalah :
1) Memperluas wawasan dan pengetahuan dengan cara terus belajar, tidak hanya melalui media cetak tetapi juga melalui platform digital.
2) Memperkenalkan kebiasaan membaca sejak dini. Kebiasaan membaca yang dibangun sejak dini akan membantu siswa menjadi lebih terbiasa membaca dan memperluas wawasan mereka. Orang tua dan pendidik dapat memberikan buku-buku yang sesuai dengan usia dan minat siswa untuk membantu mereka membangun kebiasaan membaca.
3) Membuat lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar yang kondusif dapat membantu siswa fokus dan nyaman dalam proses pembelajaran. Orang tua dan pendidik dapat membuat ruang kelas yang menarik, dengan menyediakan peralatan belajar yang memadai, seperti buku-buku, papan tulis, dan komputer.
4) Menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi dapat membantu siswa mengembangkan literasi mereka. Orang tua dan pendidik dapat menggunakan perangkat lunak dan aplikasi yang menarik untuk membantu siswa belajar membaca dan menulis dengan lebih mudah dan menyenangkan.
5) Memberikan umpan balik dan dukungan. Umpan balik dan dukungan dari pendidik sangat penting untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi mereka. Orang tua dan pendidik dapat memberikan umpan balik yang konstruktif dan memberikan dukungan dan motivasi pada siswa dalam proses belajar.
6) Memberikan kesempatan untuk belajar mandiri. Guru dapat memberikan tugas yang mengharuskan siswa memecahkan masalah sendiri sehingga mereka akan membaca dari berbagai sumber bacaan yang dapat meningkatkan kemampuan literasi mereka.
7) Membentuk kelompok belajar. Kelompok belajar dapat dibentuk di dalam kelas. Hal ini bertujuan agar siswa lebih semangat membaca karena dilaksanakan bersama-sama.
8) Membuat sudut baca di dalam kelas. Memanfaatkan sarana perpustakaan Sarana perpustakaan, pojok baca, cafe literasi, dan lainnya dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan minat baca.
9) Mendorong diskusi dan refleksi. Diskusi dan refleksi dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka baca. Orang tua dan pendidik dapat mengajak siswa berdiskusi tentang buku atau artikel yang mereka baca, serta membantu mereka merumuskan pertanyaan dan opini mereka sendiri.