Menurut pendapat Zainal Arifin (2006) bahwa terdapat empat langkah utama dalam pengolahan data hasil tes yang harus dilakukan diantaranya yaitu ; Pertama, memberi skor (menskor) hasil tes yang telah dicapai oleh peserta didik. Dalam perolehan skor mentah diperlukanya tiga jenis alat bantu, yaitu kunci jawaban, kunci skoring, dan pedoman konversi. Kedua, melakukan perubahan skor mentah menjadi skor standar disesuaikan dengan aturan tertentu. Ketiga, mengkonversikan skor standar ke dalam bentuk nilai, baik itu berbentuk huruf ataupun angka. Keempat, melakukan analisis soal (apabila diperlukan) untuk mengetahui tingkatan validitas dan reabilitas soal, Tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda. Dalam teknil pemberian skor, harus diperhatikan bobot yang ditetapkan untuk masing-masing setiap tes (soal), sehingga dapat diketahui berapa skor maksimal ideal jika semua soal dijawab dengan benar. Dalam proses pemberian skor, pendidik dapat melakukan pemberian skor terhadap masing-masing item (skor per item) dan skor total dengan cara menjumlahkan skor pada masing-masing item.Â
KEMBALI KE ARTIKEL