Dengan kata lain, tujuan pada jenjang yang lebih ti yang lebih tinggi tidak dapat dicapai sebelum nggi tidak dapat dicapai sebelum tercapai tujuan pada jenjang di bawahnya. Taksonomi Bloom ranah kognitif merupakan salah satu kerangka dasar untuk pengkategorian tujuan-tujuan pendidikan, pendidikan, penyusunan penyusunan tes, dan tes, dan kurikulum. kurikulum. Tingkatan
Tingkatan taksonomi taksonomi Bloom y Bloom yakni: (1) akni: (1) pengetahuan pengetahuan (knowledge); (2) pemahaman (comprehension); (3) penerapan (application); (4) analisis (analysis); (5) sintesis ( synthesis); dan (6) evaluasi (evaluation). Tingkatan-tingkatan dalam taksonomi tersebut telah digunakan hampir setengah abad sebagai dasar untuk penyusunan tujuan-tujuan pendidikan, penyusunan tes dan kuriku penyusunan tes dan kurikulum.
Revisi dilakukan terhadap Taksonomi Bloom, yakni perubahan dari kata benda (dalam Taksonomi Taksonomi Bloom) menjadi menjadi kata kerja (dalam taksonomi taksonomi revisi). revisi). Perubahan ini dibuat agar sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan.