Untuk itu pada catatan kali ini kami akan mencoba menguraikan metode pengajaran yang diselingi dengan permainan (khusus membahas mengenai angka-angka), karena berdasarkan pengalaman cara ini cukup membantu dalam mengakrabkan pelatih/guru dengan siswa/peserta serta mendinamis suasana pembelajaran. Berikut beberapa jenis permainan yang bisa diterapkan:
1. Permainan Menyatukan Fikiran.
Permainan ini bagusnya diterapkan pada awal memulai pembelajaran, dengan maksud menyatukan fikiran dan tujuan apa yang ingin dicapai, karena jika antara guru dan siswa sudah mempunyai fikiran dan tujuan yang sama maka materi yang akan disampaikan bisa dicerna dengan mudah.
Urutan permainan:
- Guru menugaskan masing-masing siswa memilih Satu (1) buah angka saja antara angka 1-9 (angka tersebut tidak boleh disebutkan tetapi cukup dingat saja).
- Kemudian guru memerintahkan masing-masing siswa untuk berhitung sesuai dengan instruksi (rumus).
- Rumusnya yaitu: "(angka yang difikirkan) x (5) + (angka yang difikirkan) : (angka yang difikirkan) x (200) ", contoh: angka yang difikirkan angka 4 >> ( 4 x 5 + 4 : 4 x 200)
- Selanjutnya masing-masing siswa diminta menghitung berapa hasilnya.