Pandemi COVID-19 membawa banyak dampak pada sektor kehidupan tanpa terkecuali. Ada banyak perubahan dalam rangka penyesuaian diri dengan keadaan selama pandemi itu juga. Seperti kegiatan transaksi barang seketika berubah menjadi online atau melalui e-commerce dengan tujuan meminimalkan seminimal mungkin interaksi dengan orang lain, lebih memilih mengunjungi supermarket ketimbang pasar tradisional, pekerjaan pun dilaksanakan dari rumah, kegiatan yang mengharuskan mengunjungi tempat umum harus dihindari terlebih dahulu, mensterilkan diri maupun barang jika berasal dari luar rumah, dan masih banyak lagi Hal tersebut dapat terjadi karena adanya upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. Selain itu adanya pemberlakuan isolasi dan PPDB selama masa pandemi COVID-19 juga menjadi faktor penyebabnya. Yang mana membuat masyarakat mau tidak mau tidak keluar rumah terlebih dahulu dalam sementara waktu. Pembatasan ruang gerak dalam rangka menekan angka penularan virus COVID-19 itu pun kemudian mempengaruhi perilaku masyarakat secara menyeluruh, termasuk pada selera serta pola konsumsi masyarakat. Hal ini berkaitan dengan perilaku konsumen. Sehingga jika pandemi berakhir maka keadaan akan berjalan kembali seperti sebelum pandemi melanda. Maka, akan ada perubahan kembali pada perilaku konsumen dari masyarakat.Â
KEMBALI KE ARTIKEL