Seperti yang kita ketahui, pada saat ini telah banyak sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah-sekolah inklusif di Indonesia. Di tengah perkembangan pendidikan yang semakin inklusif, pengetahuan guru mengenai identifikasi anak yang berkebutuhan khusus atau yang disebut ABK menjadi sangat penting. Peran guru dalam pendidikan tidak hanya sebatas menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga mencakup tanggung jawab untuk memahami karakteristik dan kebutuhan unik setiap peserta didiknya, sehingga peserta didik dapat berkembang sesuai dengan potensi mereka. Tanpa pengetahuan yang memadai, guru mungkin tidak menyadari kesulitan belajar yang dihadapi oleh peserta didiknya terutama bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus. Akibatnya, mereka mungkin mengalami kesulitan baik dalam akademik maupun sosialnya selama pembelajaran. Padahal, kesulitan tersebut dapat dihindari jika penanganan terhadap mereka dilakukan lebih awal.
KEMBALI KE ARTIKEL