Menurut beberapa catatan yang berhasil dikumpulkan, jembatan tersebut setidaknya telah menjadi tempat untuk paling kurang 1300 orang yang memilih mengakhiri jiwa mereka sendiri. Menjadikan tempat ini sebagai tempat bunuh diri terlaris dalam sejarah Amerika, dan sangat mungkin dalam sejarah dunia, sejak jembatan tersebut dibuka pada tahun 1937. Biaya pembangunan jembatan itu sendiri tidak kurang dari 35 juta USD.
Ia memperkirakan bahwa rata-rata satu orang setiap dua minggu melakukan bunuh diri di jembatan ini. Tapi angka sesungguhnya mungkin malah lebih tinggi dari jumlah yang ia perkirakan, sebab banyak yang jasadnya tidak diketemukan. Sebab lain adalah sebagian besar yang bunuh diri terjadi pada malam hari, dan jasad mereka tak ditemukan. [caption id="attachment_130179" align="aligncenter" width="617" caption="Tempat bunuh diri yang mengasyikkan? Apalagi ketika sunset tiba....(Pic: GoldenGates off. site)"][/caption] Steel membuat film documentary berjudul "The Bridge" ia juga menyertakan interview terhadap beberapa teman dan keluarga dari beberapa yang bunuh diri dan tertangkap kameranya. Film yang dibuat Steel juga banyak menggali tentang apa yang menyebabkan jembatan tersebut menjadi tempat terpopuler dan menjadi tempat faforit untuk bunuh diri.
Tapi ada sesuatu yang tidak tersentuh film ini, yaitu yang menjadi perdebatan panjang atas pertanyaan ini : Apa kira-kira -jika ada- yang seharusnya dibuat atau dibangun agar supaya orang menjadi kapok melompat dari jembatan itu? Dengan kata lain, apa yang sekiranya dapat mempersulit orang untuk lompat dari atas jembatan itu?
Kalau mau dilihat dari lokasi bagi para pejalan kaki di sepanjang jembatan itu tetap menunjukan sesuatu yang original. Tidak ada perubahan, misalnya pagar pengaman dibangun lebih tinggi lagi, sebab dengan pagar yang cuma beberapa meter tersebut membuat orang dengan mudahnya panjat dan terjun bebas kebawah. Padahal jarak dari jembatan tersebut ke dasarnya minta ampun tingginya! Mengerikan, tapi mengasyikkan bagi mereka yang kepepet untuk bunuh diri.