Transformasi digital telah mengubah cara orang berbelanja, berinteraksi, dan berbisnis. Oleh karena itu, para pelaku UMKM di Desa Tegalwangi  perlu mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan potensi digital untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing. Karena sebagai bagian dari perekonomian Indonesia, UMKM memegang peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, mendukung pembangunan ekonomi lokal, serta memperkuat ketahanan ekonomi nasional khsusunya ekonomi di desa.
Dengan melihat potensi, peluang dan hambatan yang dimiliki oleh UMKM Desa Tegalwangi, tim 553 MMD UB melaksankan program kerja pelatihan dan sosialisasi Digital Marketing dan Digital Branding kepada pegiat dan pelaku UMKM di Desa Tegalwangi. Pelatihan dan Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai media promosi yang bisa digunakan, seperti sosial media dan e commerce serta pemilihan dan pembuatan packaging yang menarik di mata konsumen.
Acara pelatihan dan sosialisasi ini tidak hanya di isi oleh tim Mahasiswa MMD UB tetapi juga menghadirkan pemateri yang sudah berpengalaman dan menekuni UMKM sejak lama yakni Ibu Tutuk Kurnia W dan Ibu Sri Agustini. Selain acara pelatihan dan sosialisasi ini, terdapat fasilitasi bagi UMKM untuk membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang dibantu oleh pemateri.