Adaptasi dan Persiapan
Pada awal mengajar, saya menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan kurikulum dan metode pengajaran yang digunakan di Taiwan. Namun, dengan bimbingan dari para guru senior dan dukungan dari sesama ELTA, saya berhasil menyesuaikan diri dengan cepat. Saya juga mempersiapkan materi-materi pengajaran yang menarik dan relevan untuk siswa, dengan memadukan antara metode pengajaran tradisional dan teknologi modern.
Metode Pengajaran yang Inovatif
Sebagai ELTA, saya berusaha untuk selalu kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Salah satu pendekatan yang saya gunakan adalah melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), di mana siswa diajak untuk terlibat dalam proyek-proyek kecil yang mengasah kemampuan berbahasa Inggris mereka sekaligus meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Contohnya, saya mengajak siswa untuk membuat presentasi tentang budaya lokal Taiwan dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa mereka, tetapi juga memperkaya pemahaman mereka tentang warisan budaya mereka sendiri.
Selain itu, saya juga menggunakan berbagai aplikasi dan platform digital untuk membuat pembelajaran lebih interaktif. Penggunaan teknologi seperti aplikasi kuis online dan platform video konferensi membantu siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar bahasa Inggris. Saya juga mengembangkan modul pembelajaran yang dapat diakses siswa secara online, sehingga mereka bisa belajar kapan saja dan di mana saja.