Siswa berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk mengoptimalkan potensi mereka. Artikel ini mengulas penerapan teori-teori psikologi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif bagi siswa berkebutuhan khusus. Fokus utama adalah pada penerapan teori perilaku, kognitif, dan sosial dalam mendukung proses belajar siswa dengan berbagai kebutuhan khusus, seperti gangguan belajar, autisme, dan disabilitas intelektual. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip psikologi pendidikan, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, mendukung perkembangan kognitif dan emosional siswa, serta memfasilitasi kesuksesan mereka dalam pendidikan formal. Artikel ini juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran inklusif dan solusi yang dapat diimplementasikan untuk mengatasi kendala tersebut.
Pendahuluan
   Siswa berkebutuhan khusus, yang mencakup berbagai gangguan perkembangan dan disabilitas, membutuhkan pendekatan pendidikan yang disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan mereka. Pendidikan inklusif, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk belajar bersama, menuntut penerapan strategi pembelajaran yang lebih fleksibel dan individual. Psikologi pendidikan memberikan landasan teori yang kuat untuk merancang metode pembelajaran yang tepat bagi siswa berkebutuhan khusus, dengan memperhatikan aspek kognitif, perilaku, dan sosial mereka.