Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money Pilihan

Keberanian Bertransformasi; Merek Lokal juga Bisa Bersaing dengan Brand Internasional

27 November 2024   08:36 Diperbarui: 27 November 2024   10:34 181 10
Indonesia, dengan keanekaragaman budayanya dan pasar domestiknya yang besar, memiliki potensi luar biasa dalam menghadapi tantangan globalisasi. Namun, untuk memanfaatkan potensi ini secara maksimal, industri-industri di tanah air perlu berani bertransformasi dan berfokus pada kekuatan lokal.

Sebagai contoh nyata, kasus Aspirasi Hidup Indonesia (AHI) sebagai merek nasional yang menggantikan Ace Hardware, merek internasional yang akhirnya pulang ke negara asalnya, menawarkan pelajaran berharga tentang bagaimana merek lokal yang sebelumnya bergantung pada merek internasional mampu bertransformasi dan menjadi solusi strategis dalam menghadapi persaingan global, sambil membangun daya saing lokal yang kuat.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun