Pendidikan karakter melalui materi pembelajaran berkaitan dengan nilai-nilai serta tata cara yang dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai karakter yang akan dicapai dicantumkan dalam RPP serta silabus yg dirancang oleh pendidik . serta mampu menyampaikan pengalaman nyata pada peserta didik tentang kehidupan sehari-hari di masyarakat (Putri, 2018; Santika, 2020). Implementasi pendidikan karakter di mata pelajaran mengarah pada internalisasi nilai-nilai keseharian melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran (Dalimunthe, 2015).Pendidikan karakter artinya upaya konsisten serta berkelanjutan dalam mendidik individu buat memahami, peduli, serta bertindak berdasarkan nilai-nilai etika, moral, dan sosial yg sahih. Pendidikan ini berfokus di perkembangan pribadi serta moral siswa serta melibatkan pembentukan karakter serta nilai yg baik, seperti kejujuran, tanggung jawab, rasa hormat, serta toleransi.Â
KEMBALI KE ARTIKEL