Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Permasalahan Keterampilan Membaca Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

3 Desember 2024   08:10 Diperbarui: 3 Desember 2024   08:35 38 0

A. Latar Belakang


      Keterampilan membaca, menyimak, berbicara dan menulis tentu akan dimiliki oleh setiap manusia dalam keterampilan bahasa di pendidikan, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia keterampilan tersebut saling berkesinambungan satu sama lain. Maka dari itu setiap pembelajaran dari keempat keterampilan tersebut tidak dapat dipisahkan atau paling sedikitnya ada dua keterampilan yang terpakai dalam proses pembelajaran.

      Seperti halnya dengan keterlambatan peserta didik dalam memahami materi, dikarenakan ada beberapa faktor yang memengaruhi akan hal tersebut. Misalnya kurangnya motivasi peserta didik baik dari dalam atau luar dirinya sendiri, kemudian latar belakang dari peserta didik, dari makanan peserta didik apakah sudah empat sehat lima sempurna, lalu ada juga entah dari sarana prasarana yang digunakan atau bahkan dari cara penyampaian materi yang kurang jelas.

      Nah yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian terkait keterampilan membaca peserta didik di mata pelajaran bahasa Indonesia adalah masih banyak peserta didik yang fasenya sudah B atau bahkan C
belum mahir dalam membaca atau mengusai keterampilan membaca. Bukan hanya peserta didik di Sekolah Dasar bahkan literasi di Indonesia bisa dibilang rendah karena kurangnya minat masyarakat Indonesia dalam membaca.

      Maka dari itu peneliti tertarik meneliti terkait keterampilan membaca kepada salah satu peserta didik di kelas IV di SD Kota Serang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi terkait tentang Argumentasi.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun