UMKM ini dikelola oleh Pak Junda yang berjualan sarmier ini sejak dua puluh tahun yang lalu dari tahun 2002 hingga sekarang. Camilan sarmier yang dijual oleh Pak Junda menggunakan bahan dasar dari singkong.
Dalam menjual camilan sarmier ini, Pak Junda hanya berjualan di rumahnya saja namun ia juga menerima pemesanan dalam jumlah banyak dan biasanya banyak dipesan untuk acara hajatan dan acara-acara lainnya. Untuk jajanan sarmier ini dibandrol mulai harga Rp 5.000.
Kegiatan pemetaan ini dilakukan dengan mengunjungi dan melakukan wawancara tatap muka dengan UMKM di masing-masing desa, dengan tujuan untuk memetakan UMKM mendapatkan data UMKM dan ekonomi kreatif yang ada di Desa Papungan, Blitar. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui jenis produk apa saja yang dihasilkan dari masing-masing UMKM yang ada di Desa Papungan Blitar. Salah satu bentuk upaya dalam membantu pemasaran UMKM, tim KKN Tematik UNTAG Surabaya, membantu membuat sosial media sebagai sarana pemasaran seperti Facebook Bisnis, dan harapannya kegiatan ini dapat dijadikan acuan dalam mengetahui potensi-potensi dan pengembangan UMKM di tahun-tahun berikutnya. Serta kedepannya dengan adanya Mahasiswa KKN Tematik ini dapat membantu mengembangkan UMKM unggulan yang ada di Desa Papungan.
Editor:Â