Dalam Jurnal Mukhyar "Pendidikan Berbudaya Perspektif Pemikiran Max Weber" menjelaskan terkait pemikiran Max Weber tentang pendidikan terutama terkait dengan peran pendidikan dalam membentuk individu yang kreatif, profesional, dan bertanggung jawab sosial. Menurut Weber, pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan kemampuan individu untuk menghadapi perubahan dan tantangan dalam kehidupan modern. Dalam pandangan Weber, pendidikan juga dapat membantu individu mempersiapkan diri menghadapi perubahan sosial dan teknologi yang terjadi di masa depan. Ia memandang bahwa pendidikan harus mengajarkan individu untuk dapat beradaptasi dengan perubahan dan mempersiapkan mereka untuk menjadi anggota masyarakat yang berkontribusi positif dalam menghadapi perubahan tersebut. Jika ditelaah pembahasan Max Weber dalam karya-karyanya tentang pendidikan, memang harus diakui Max Weber tidak mengembangkan teori pendidikan secara eksplisit, tetapi ia memberikan pemikiran yang relevan dengan pendidikan. Salah satu karya paling terkenal Weber adalah "The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism" yang diterbitkan pada tahun 1905-1906. Dalam buku tersebut, Weber mengemukakan teori bahwa sikap etika Protestan memainkan peran penting dalam munculnya kapitalisme modern. Selain itu, Weber juga terkenal dengan karya-karyanya yang lain seperti "Economy and Society"(1921) dan "The Theory of Social and Economic Organization" (1947), di mana ia mengembangkan konsep-konsep seperti rasionalisasi, otoritas, dan birokrasi. Weber juga dikenal sebagai pendiri konsep ideal tipe (ideal type), yang digunakan dalam analisis sosiologis. Konsep ini dijelaskan oleh Weber dalam bukunya yang berjudul "The Methodology of the Social Sciences" (1904-1905).
KEMBALI KE ARTIKEL