Â
Pembelajaran berhitung yang diberikan pada tingkat anak usia dini masih bersifat non formal, dimana anak belum sepenuhnya diberikan materi berhitung yang sebenarnya tetapi baru bersifat pengenalan dengan didukung media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Artikel ini bertujuan mengetahui bagaimana proses pembelajaran berhitung kepada anak.Â
- Pengertian Berhitung : Berhitung merupakan kegiatan dasar anak usia dini untuk mengetahui angka 1-5 dan seterusnya, bahkan sebelum memasuki sekolah / prasekolah, anak-anak sudah diberi ilmu dari orang tuanya di rumah, angka 1-5 terkadang memang sangat mudah bagi orang dewasa, akan tetapi bisa jadi sulit bagi anak-anak karena belum terbiasa memakai angka tersebut, ada yang terbalik menuling angkanya, dan angka dan jumlah yang diberikan sesuai benda berbeda.Â
- Langkah-langkah yang biasa digunakan:Â
- Ambil kancing baju di tempat yang telah disediakan
- Beri penjelasan pada anak angka 1-5 dan letakkan jumlah kancing sesuai angka.
- Kancing baju lalu dihitung bersama-sama
- Jika untuk mengetahui warna, anak-anak diberi tau warna apa saja yang ada di kancing
- Dan selesai anak menghitung angka 1-5 dengan senang hati.
- Tujuan berhitung :
- Meningkatkan kemapuan kognitif pada anak usia dini,
- Mengkreasikan warna dan jumlah kancing baju,
- Mengembangkan kreativitas anak,
- Melatih ketelitian, kesabaran, dan kecerdasan anak.
KEMBALI KE ARTIKEL