Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Strategi Optimasi Marketing Mix

22 November 2023   18:45 Diperbarui: 22 November 2023   18:47 135 0
Berdasarkan penelitian Umi Hidayati bahwa strategi optimasi marketing mix terdiri dari 4P produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Berdasarkan ke 4 variabel tersebut variabel promosi yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen karena dengan promosi menjadi sarana komunikasi antar perusahaan kepada calon konsumen untuk menarik perhatian agar memilih produk tersebut. Dalam semua elemen ini, penggunaan data dan analisis merupakan kunci. Memahami perilaku pelanggan, melacak kinerja kampanye, dan mengadaptasi strategi berdasarkan hasil analisis akan membantu perusahaan untuk terus meningkatkan efektivitas marketing mix mereka. (Umi Hidayati, 2021).  Strategi marketing mix 4P ini sama dengan di perusahan yang dijadikan penelitian oleh Firna M. A. Poluan bahwa marketing mix yang digunakan adalah 4P. Adapun strategi marketing mix yang paling tepat digunakan adalah product dan price karena manfaat dari produk tersebut serta harga yang terjangkau (Firna M. A. Poluan, dkk, 2019). Penelitian Muhamad Wildan Fawa'id di lapangan dalam perusahaan menerapkan strategi 4P namun startegi yang masih kurang optimal dilakukan yaitu strategi Promotion, di perusahaan tersebut masih kurang aktif mempromosikan produknya, tetapi kadangkala melakukan promosi melalui media online seperti WA dan Facebook (Muhamad Wildan Fawa'id, 2022).

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun