Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Pembelajaran Teks Diskusi Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) Berorientasi Pendidikan Karakter

1 Maret 2024   08:00 Diperbarui: 1 Maret 2024   08:08 75 0
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DISKUSI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEANING (PjBL) BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KELAS IX SMP PGRI CAMPAKAMULYA

oleh
MAYA PUSPITA, S.Pd.
GURU SMP PGRI CAMPAKAMULYA KABUPATEN CIANJUR LPTK: UNIVERSITAS PASUNDAN


Pendahuluan

Menulis teks diskusi adalah salah satu bahan pembelajaran.Teks diskusi adalah tulisan yang mengulas sebuah masalah (isu) dengan disertai argumen/pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri oleh simpulan atau rekomendasi penulis. Priyatni, dkk. (2014,hlm.76) teks diskusi adalah teks yang membicarakan atau membahas suatu topik dari berbagai aspek untuk memberikan sudut pandang, wawasan, cakrawala yang berbeda dan lebih luas. Hidayatullah (2010:13) karakter adalah kualitas, kekutan mental, moral atau budi pekerti yang merupakan kepribadian khusus sebagai pendorong serta pembeda antar individu yang satu dengan individu yang lainnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mencoba membuat inovasi pembelajaran dalam bentuk pembelajaran menulis teks diskusi dengan menggunakan model pembelajaran PjBL (project based learning). Proses pembelajaran sebagai praktik baik dalam pembelajaran ini penting untuk disampaikan agar tuliasan ini menjadi inspirasi bagi para pendidik yang akan mengajar menulis teks diskusi di sekolah. Peran penulis dalam hal ini sebagai pendidik yang merancang dan mengajar materi menulis teks diskusi dikelas IX SMP PGRI Campakamulya Kabupaten Cianjur.

Pembahasan

Tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran menulis teks diskusi menggunakan PjBL berorientasi Pendidikan karakter adalah adalah masalah menumbuhkan minat menulis teks diskusi peserta didik masih belum maksimal, dan menumbuhkan karakter rasa ingin tahu yang harus terus dipupuk.Permasalahan itu muncul dikarenakan peserta didik masih kurang dalam kempuan literasi. Yang terlibat kegiatan ini Pendidik (Mahasiswa PPG), Dosen, Guru Pamong, dan Kepala Sekolah sebagai observer.
 


Sesuai dengan RPP yang dibuat pembelajaran aksi yang dilakukan penulis melaksanakan kegiatan. Mulai kegiatan Pendahuluan: 1).Persiapan 2).Apersepsi.3) informasi materi menulis teks diskusi. Kegiatan inti: a) peserta didik diberi pertanyaan mendasar; 1) setiap kelompok diberi tugas mencermati PPT dan video youtube menulis teks diskusi; 2) peserta didik berdiskusi menjawab pemasalahan yang berkaitan dengan topik yang sesuai tema, menyusun kerangka teks diskusi dan mengembangkan kerangka teks diskusi menjadi teks yang utuh dengan memperhatikan struktur teks dan kiadah kebahasaan;b) merancang proyek;3) peserta didik menerima LKPD; 4) peserta didik mengidentifikasi pertanyaan dalam LKPD; 5) pendidik memfasilitasi peserta didik bertanya; c) menyusun jadwal proyek; 6).durasi waktu mengerjakan LKPD; d) memonitoring peserta didik dan menguji hasil kemajuan proyek; 7) pendidik membimbing dan memantau peserta didik; 8) setiap kelompok menyunting; 9) pendidik memfasilitasi setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas dan menempelkan hasil jawaban; e) mengevaluasi pengalaman; 10) pendiodik memfasilitasi peserta didik merefleksi kesulitan dan cara mengatasi; 11) tagihan proyek; 12) peserta didik diberi soal postest; 13) Pendidik menanggapi dan menilai mengenai ketercapaian pembelajaran. Kegiatan Penutup pendidik Bersama peserta didik membuat simpulan, merefleksi, pendidik mengajukan pertanyaan secara lisan. Hasil penilaian menunjukkan capaian yang telah dicapai.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun