Contoh pelampiasannya adalah pembelian tiket konser Westlife yang sudah soldout di minggu lalu, padahal konsernya akan tampil pada tahun 2023 mendatang. Lalu ada tiket konser Justin Bieber yang akan diadakan di Indonesia ludes dalam waktu kurang lebih 5 jam saja.
Amazing banget bukan? Lalu ada lagi, konser Risky Febrian di Purwokerto kemarin, sangat meriah karena semua penggemarnya begitu antusias ingin merasakan pengalaman bertemu sang idola di konser perdananya setelah dua tahun vakum.
Menurut Yuswohadi, saat ini Indonesia sedang mengalami pergeseran sifat konsumtif. Awalnya costumer hanya mengkonsumsi barang yang dibelinya, namun kini mulai berubah costumer mengkonsumsi pengalaman dari apa yang dibelinya. Menonton konser musik sang idola merupakan salah satu contoh bentuk mengkonsumsi pengalaman.
Ada 3 ciri bentuk konsumsi pengalaman
1. Personal
Personal Connection atau hubungan antara konsumen dengan Idola yang tercipta ketika ada pengalaman mengesankan. Misalnya si konsumen memiliki pengalaman yang sama dalam lagu yang dibawakan sang bintang.