Salah satunya adalah penelitian praktis. Penelitian ini memberikan kesempatan pada guru untuk merefleksi kerjanya, memikirkan pemecahan, mencari alternative pemecahan, menentukan pemecahan, melaksanakan pemecahan, menilai sendiri seberapa perubahan, kemajuan atau perbaikan yang dilakukan. Sehingga apa yang dilakukan guru benar-benar didasari realita masalah yang dihadapi guru.
Penelitian yang tepat untuk memecahkan masalah pembelajaran adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan atau pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah-masalah melalui penerapan langsung di kelas tempat mereka bekerja. (Isaac. 1994:27)
Guru dianggap paling tepat melakukan PTK karena: (1) Guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya, (2) temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran, (3) guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya, (4) interaksi guru- siswa berlangsung secara unik, dan (5) keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru mampu melakukan penelitian di kelasnya.