Analisis baliho superglow dengan tulisan "Lengah dikit, langsung glowing" menggunakan peripheral route dari Elaboration Likelihood Model (ELM) dapat difokuskan pada elemen-elemen visual dan emosional yang mendukung persuasi tanpa memerlukan pemrosesan mendalam oleh audiens. Berbeda dengan central route yang seringkali memaparkan data dan bersifat kritis untuk menyakinkan produk kepada audiens. Central route lebih membutuhkan kognitif dan motivasi audiens tentang seberapa dekat dia dengan produk tersebut. Superglow sendiri bergerak di bidang kecantikan dan treatment wajah. Kalimat "Lengah dikit Glowing!" didukung oleh visual jam tangan dan waktu "15 menit" memiliki arti dengan menggunakan produk dari superglow atau jasa yang ditawarkan, jika lengah sedikit mengalihkan perhatian ke hal lain, wajah anda bisa glowing hanya dalam 15 menit. Peripheral route dalam ELM menjelaskan bahwa pesan persuasi yang diberikan berdasarkan kredibilitas sumber, format pesan, suasana hati penerima dan faktor lainnya seperti emosional. Dengan kalimat "Lengah dikit, langsung glowing" yang terpambang besar di baliho, ditambah elemen visual sebagai pendukung pesan menjadikan alasan kuat beberapa orang untuk tertarik mencoba produk atau jasa dari Superglow. Dengan memberikan perasaan penasaran bahwa apakah benar lengah sedikit langsung glowing hanya dalam 15 menit menarik sisi emosional audiens tanpa harus memaparkan data. Serupa dengan baliho Superglow, dibawah ini adalah baliho dari Bank BPD DIY yang menggunakan jalur peripheral.
KEMBALI KE ARTIKEL