Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Budaya Positif CGP Angkatan 9

16 Oktober 2023   22:43 Diperbarui: 17 Oktober 2023   08:05 4207 0
  • Buatlah sebuah kesimpulan mengenai peran Anda dalam menciptakan budaya positif di sekolah dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif, motivasi perilaku manusia (hukuman dan penghargaan), posisi kontrol restitusi, keyakinan  sekolah/kelas, segitiga restitusi dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak,  serta Visi Guru Penggerak. 

Materi ini sangat berhubungan erat dengan materi pada modul 1.1, 1.2, dan 1.3, yaitu ditekankan untuk "berpihak pada murid". Dengan mendengarkan alasan murid berbuat sesuatu yang menyimpang, lalu melakukan komunikasi dua arah bersama murid,  disitu kita sedang mencari tahu kebutuhan dasar yang ingin dipenuhi. Disinilah letak keberpihakan kita pada murid. 

  • Buatlah sebuah refleksi dari pemahaman Anda atas keseluruhan materi Modul Budaya Positif ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan?

Displin positif :

Disiplin positif terjadi Ketika sesorang tidak melakukan sesuatu karena takut akan hukuman atau konsekuensi atau mungkin hanya sekadar menjalani aturan. Lebih daripada itu, dalam disiplin positif seseorang melakukan sesuatu karena menghargai diri sendiri dengan nilai yang mereka percaya.

Teori kontrol :

Kita tidak dapat mengontrol orang lain. Kita hanya bisa mengendalikan diri kita sendiri.

Teori motivasi : 

  • Menghindari ketidaknyamanan dan hukuman : menghindari permasalahan yang mungkin muncul dan berpengaruh pada diri sendiri. Motivasi ini bersifat eksternal.
  • Mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain : melakukan sebuah tindakan untuk mendapat pujian dari orang lain. Ini besifat ekternal.
  • Menghargai nilai-nilai kebajikan diri sendiri : Ini membuat seseorang memiliki disiplin positif karena motivasi berperilakunya bersifat internal.

Hukuman dan penghargaan : 

Hukuman dan penghargaan akan menimbulkan ketergantungan karena murid akan melakukan hal yang baik jika ada imbalan atau ada hukuman jika tidak dilakukan. Ini merupakan motivasi eksternal dan jika terus dilakukan akan mematikan motivasi internal murid.

Posisi kontrol guru : 

  • Penghukum : 

Hukuman bisa terjadi secara fisik maupun verbal. Disini guru berpikir bahwa cara yang dilakukannya adalah satu-satunya yang terbaik agar pembelajaran teracapai.

  • Pembuat merasa bersalah: 

Guru akan menggunakan keheningan ntuk membuat murid merasa bersalah.

  • Teman :

Guru menggunakan hubungan baik dengan murid untuk mengontrol perilaku murid.

  • Pemantau :

Guru yang ada pada posisi pemantau mengandalkan data-data sebagai bukti perilaku murid.

  • Manajer :

Posisi kontrol ini adalah posisi yang paling ideal dimana guru berbuat sesuatu dengan melibatkan murid. Disini guru mempersilahkan murid mempertanggungjawabkan perilakunya serta mendukung murid menemukan solusi atas permasalahannya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun