Mohon tunggu...
KOMENTAR
Nature

Fiksi Menjadi Fakta: Atlantis yang Baru

23 November 2023   15:04 Diperbarui: 23 November 2023   15:15 142 0
          Haruskah kita khawatirkan masa depan Jakarta? Menjelang tahun 2050, para ilmuwan memperingatkan akan adanya masa depan yang buruk bagi kota Jakarta. Walau Jakarta merupakan sosok “jantung Indonesia”, perlahan-lahan detaknya dikhawatirkan akan memudar. Kota Jakarta berada di ambang bencana besar dan diprediksi akan tenggelam akibat pasang surut air laut. Lokasi geografis Jakarta yang terletak di pesisir barat laut Pulau Jawa, membuat kota metropolitan ini sangat rentan terhadap dampak kenaikan permukaan air laut. Akibat adanya suhu global yang meningkat dan lapisan es di kutub yang terus mencair, air laut mulai naik dan menggenangi wilayah pesisir yang rendah. Dikarenakan Jakarta dibangun di atas lahan berawa, tanah perlahan-lahan tenggelam karena pengambilan air tanah yang berlebihan dan kurangnya infrastruktur yang memadai untuk mengatasi banjir. Jakarta berada dalam posisi genting. Dengan jumlah penduduk yang diperkirakan akan melebihi 12 juta penduduk dalam 10 tahun ke depan dan infrastruktur penting seperti Monas akan terancam tenggelam.          

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun