Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Transformasi Peran Perempuan dalam Iklan Komersial: Upaya Mengurangi Stereotip Gender dalam Masyarakat

1 Desember 2024   14:51 Diperbarui: 2 Desember 2024   07:15 70 0
Era digitalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi telah memiliki andil besar dalam memegaruhi pesatnya perkembangan komunikasi. Salah satu contohnya adalah komunikasi massa, yaitu komunikasi yang dalam penyampaian pesannya kepada khalayak menggunakan perantara media massa. Media massa sendiri telah menjadi salah satu sumber utama dalam memperoleh informasi saat ini. Adapun bentuk dari media massa diantaranya adalah media cetak berupa surat kabar dan majalah, media elektronik berupa televisi dan radio, dan media siber berupa interne. Disamping fungsinya sebagai media penyampaian pesan informasi dan pendidikan, televisi berhasil menjadi media yang cukup populer di kalangan masyarakat sebagai sarana hiburan. Terdapat berbagai macam pilihan program menarik yang ditawarkan media ini, seperti film, talk show, sinetron, musik, dan sebagainya. Daya tarik televisi yang memadukan audio dan visual, telah memikat khalayak dan menjadikan media ini memiliki tempat istimewa dalam masyarakat. Dengan kepopularitasaanya yang memiliki posisi cukup kuat, hal ini membuat para pelaku usaha melihat adanya potensi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis. Peluang yang dimaksud adalah televisi dapat dijadikan sebagai wadah dalam pemasaran produk atau jasa suatu perusahaan melalui iklan-iklan komersial yang biasanya akan ditayangkan saat adanya jeda program. Televisi menjadi pilihan tepat karena mampu mencapai target audience secara luas dan heterogen. Selain itu, nyatanya di era modern sekarang, media baru khususnya media sosial juga berperan besar dalam penyampaian iklan karena dinilai lebih efektif dan memiliki cakupanaudience yang lebih luas.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun