Hedonisme yang membelenggu masyarakat modern sekarang ini, sangat bertolak belakang dengan slogan itu. Iklan di TV dan radio, baliho di sepanjang jalan, dan iklan-iklan lainnya yang menyergap kita dari bangun tidur sampai mau tidur lagi telah mengkondisikan semangat konsumerisme, dan lambat laun telah menciptakan masyarakat hedonis yang memuja ke-benda-an dan keduniawian.
Makanya tidak salah juga, kalau masyarakat sekarang memiliki berjuta keinginan. Dari keinginan yang realistis, yang mudah didapat/dibeli. Sampai dengan keinginan yang tidak realistis, yang diluar jangkauan kemampuan financialnya. Dan parahnya, keinginan ini malah justru difasilitasi. Berbagai kemudahan kredit seperti jamur di musim hujan. Dari kredit barang bernilai ratusan juta, sampai dengan kredit panci bernilai puluhan ribu bisa dengan mudah kita dapatkan dengan jangkauan layanan dari kota besar sampai dengan pelosok desa.
Dan ..... slogan di stiker itu semakin menjauh dari kehidupan kita. Slogannya bukan lagi "Biar jelek milik pribadi" tapi "Biar kredit yang penting keren" hehehe
Sebernarnya sah-sah saja, membeli sesuatu dengan cara kredit. Tapi perlu adanya pendewasaan sikap dalam memilih barang yang perlu dikredit. Sebaiknya kredit hanya diperuntukkan untuk pengadaan barang-barang sangat dibutuhkan / barang primer. Yang apabila barang itu tidak ada akan sangat mempengaruhi roda kehidupan seseorang. Sehingga parameter tiap-tiap orang berbeda-beda untuk menentukan klasifikasi primer, sekunder atau bahkan tersier.
Hidup damai adalah hidup yang tidak terlalu ngoyo, tidak pula terlalu banyak beban. Sudah terlalu banyak permasalahan dalam hidup ini, sehingga tidak perlu lagi ditambahi dengan masalah-masalah yang seharusnya tidak ada tapi menjadi ada karena kesalahan kita dalam mengambil keputusan. Hidup sederhana itu indah :-)