Mohon tunggu...
KOMENTAR
Worklife

Simak, Serunya Program Kartu Prakerja, Digital Marketing dan Peluang Sukses Bisnis Waralaba

20 Maret 2021   09:44 Diperbarui: 20 Maret 2021   09:44 198 0


Program Kartu Prakerja gelombang 14 memang sudah berakhir sejak 14 Maret lalu. Dan para penerima Kartu Prakerja gelombang 14 juga sudah diumumkan pada 18 Maret 2021. Tapi hal ini bukan berarti program ini telah selesai karena pemerintah tetap melanjutkan untuk gelombang selanjutnya.

Program Kartu Prakerja yamg pertama kali dibuka pendaftarannya pada 11 April 2020 adalah suatu program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran dan percepatan untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya wabah virus corona yang sering disebut Covid-19.

Pada awalnya program Kartu Prakerja yang menjadi salah satu janji politis Presiden Jokowi saat kampanye direncanakan berbentuk pelatihan langsung dan tatap muka. Tapi seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19 program yang dapat dilihat pada halaman websitenya www.prakerja.go.id ini berubah menjadi sebuah pelatihan secara daring.
 
Pandemi membuat pemerintah mengaktifkan program Kartu Prakerja sehingga dapat membantu bagi pekerja yang terkena PHK atau angkatan kerja yang baru lulus dari pendidikan. Pemerintah memberikan insentif dan pelatihan secara gratis bersertifikat melalui Kartu Prakerja.

Bantuan insentif yang bisa didapat masyarakat lumayan jumlahnya sebesar Rp600 ribu untuk biaya pelatihan per bulan selama 4 bulan dengan total Rp2,4 juta dan Rp 1 juta berupa insentif biaya pelatihan, serta Rp150 ribu sebagai biaya survei. Pelatihan ini murni dilakukan secara daring.

Keseruan program yang dirilis pemerintah ini dapat dilihat dari banyaknya pelatihan yang ditawarkan oleh mitra Kartu Prakerja ini. Berbagai manfaat dan solusi ditawarkan olehnya.

Secara tak langsung program ini telah mengurangi biaya pelatihan yang seharusnya ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan. Selain juga mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi pelatihan.

Dengan adanya pelatihan ini juga akan mendorong keberkerjaan seseorang melalui pengurangan adanya kekurangtahuan akan suatu bidang usaha atau pekerjaan yang diinginkan. Selain itu program ini akan bisa menjadi tambahan pengetahuan dan keterampilan yang melengkapi pendidikan formal.

Jika kita menengok kebelakang sejak hadirnya pandemi hampir semua jenis usaha terpuruk. Mereka mengalami masa-masa sulit yang cukup panjang. Kondisi sosial ekonomi berubah seiring waktu. Hanya bisnis yang mau beradaptasi yang dapat bertahan.

Disinilah kita dapat melihat pentingnya program Kartu Prakerja. Setidaknya ada delapan mitra platform digital utama yang bakal menyediakan beragam pelatihan antara lain Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Sekolahmu, serta Sistem Informasi Ketenaga Kerjaan (Sisnaker) Kementerian Tenaga Kerja.

Jika kita coba mencari tahu pelatihan seperti apa yang ditawarkan oleh para mitra platform digital tersebut maka kita akan mulai merasakan keseruan tersebut. Aneka pelatihan penting yang cukup berbobot ditawarkan disana.

Dalam masa pandemi ini pola bisnis dan marketing berubah. Untuk kalian yang tertarik untuk wirausaha baik akibat penghasilan berkurang, PHK ataupun karena menganggur dan belum bekerja. Pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan saat ini untuk dapat bertahan hidup adalah melalui digital marketing atau bisnis online.

Ada 3 pelatihan cukup penting dari mitra platform digital Kartu Prakerja yang harus kalian ikuti untuk memperdalam pengetahuan tersebut dengan uang insentif pelatihan sejumlah Rp 1 juta.

Yang pertama, mitra platform digital Skillacademy.com dari ruangguru, yang menawarkan pelatihan tentang digital marketing dengan harga Rp 250 ribu.

Judul pelatihannya adalah "2 Jam Pahami Digital Marketing Untuk Memulai Bisnis Anda" dengan instruktur Rama Dhonanto seorang Digital Marketer dan CEO Heroleads Indonesia. Berisikan 11 topik dan 29 materi. Disini kita akan diperkenalkan pada berbagai hal tentang digital marketing.

Yang kedua dari Pintaria.com dengan judul pelatihan "Mengelola Arus Kas untuk UMK (Usaha Mikro Kecil)" seharga RP 200 ribu dengan instruktur  Mada Aryanugraha SE. RFA. CFP, seorang Financial Experts. Pelatihan ini penting karena arus kas dan keuangan yang baik menentukan berapa lama suatu usaha mampu berjalan dan bertahan.

Yang ketiga juga dari Pintaria.com pelatihan dengan judul "Memulai Usaha Makanan Secara Online (Delivery)" seharga Rp 500 ribu dari HarukaEdu dengan instruktur Muhammad Rizky. Bisnis makanan adalah salah satu jenis usaha yang kelihatannya sudah mulai bangkit dan diprediksi akan bisa mendulang kesuksesan.

Terdapat ribuan jenis pelatihan secara daring dari ratusan lembaga pelatihan yang bekerjasama dengan beberapa platform digital. Jika tertarik kita dapat  mulai mengunjungi masing-masung situs platform digital, membandingkan harga, dan memilih jenis pelatihan sesuai minat atau kebutuhan.

Setelah kita menyelesaikan pelatihan tersebut apakah yang harus mulai dilakukan. Tentu saja pengetahuan dan keterampilan tersebut harus langsung kita praktekkan dengan mulai memilih jenis wirausaha yang sesuai dengan keinginan kita. Jangan buang-buang waktu.

Ada dua pilihan yang dapat kita lakukan untuk memulai usaha. Yang pertama, berwirausaha murni dengan membuka bidang usaha baru dari awal tahapan dengan mandiri. Yang kedua memanfaatkan kemitraan melalui bisnis waralaba.

Walaupun terkesan agak lebih mahal. Memulai bisnis dengan jenis waralaba memiliki banyak keuntumgan dibandingkan dengan usaha sendiri. Kita ambil contoh saja untuk waralaba makanan atau minuman.

Pertama adalah merk dagang yang sudah lebih dahulu dikenal orang. Kita tidak perlu repot-repot membangun brand image karena perusahaan waralaba sudah dikenal oleh masyarakat.

Kedua, sistem kerja atau SOP yang sudah dimiliki waralaba sehingga kita tinggal mengikuti saja tanpa perlu pusing memikirkannya lagi. Termasuk promosi usaha kita yang biasanya ikut disertakan pada setiap postingan di laman situsnya.

Selain itu standarisasi kualitas makanan atau minuman dan pengolahannya sudah ada dan kita tinggal mengikuti saja. Sehingga memperbesar peluang untuk produk kita menjadi laku dijual.

Berikutnya peralatan untuk berjualan seperti gerobak ataupun counter makanan atau minuman sudah diberikan secara paket beserta alat masak dan materi iklan. Termasuk perhitungan keuangan mengenai margin keuntungan yang didapat dari berjualan.

Jika ingin mengetahui jenis-jenis waralaba apa yang bisa kita pilih. Sila buka laman waralaba.com disana tersedia banyak sekali jenis waralaba yang mungkin sesuai dengan minat kita. Juga disertai dengan nomer kontak yang bisa dihubungi.

Memilih bisnis waralaba yang disukai. Ditambah dengan 3 materi pelatihan yang didapat mengenai digital marketing akan memperkuat daya jual produk kita baik penjualan secara langsung maupun penjualan secara daring kepada para pembeli.

Mengingat peluang sukses bisnis waralaba kedepan. Mungkin waralaba.com atau website waralaba sejenis dapat menjadi salah satu mitra untuk menjalankan pelatihan dan pengenalan bisnis-bisnis waralaba. Sehingga akan menguntungkan kedua belah pihak. Baik pemilik waralaba maupun mitra yang tertarik untuk memulai bisnis ini

Kartu Prakerja gelombang 14 yang baru saja ditutup mendapat respon positif cukup banyak dari masyarakat. Terbukti dengan banyaknya pendaftar dan banyak bermunculannya para usahawan baru di Indonesia Sehingga Kartu Prakerja gelombang 14 berlanjut untuk gelombang berikutnya. Dengan semakin terampilnya para pekerja dan suksesnya para usahawan tentu nantinya akan membantu mempercepat Indonesia untuk lepas dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi. Semoga.


Tangerang, Maret 2021
Mahendra Paripurna

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun