#Komunikasi
Komunikasi antar individu adalah konstruksi budaya yang mengawali sebuah kekuatan budaya perusahaan. Â Adanya komunikasi yang terjalin dengan simultan, terbuka dan jujur merupakan bahan dasar peletakan bat pertama konstruksi bangunan budaya perusahaan. Â Apa saja yang menjadi bagian komunikasi penting ini?
1.Pesan (Messages)
Komunikasi perlu dilakukan dengan penyampaian PESAN yag jelas dan terarah kepada setiap individu. Â Pesan harus jelas SUBYEK dan OBYEK serta isinya, maksud dan tujuan yang akan disampaikan. Â Jangan membuat AMBIGUITAS kepada lawan bicara Anda, rekan kerja atau kolega.
2.Kata-kata (Pronouns)
Budaya perusahaan yang kokoh dibangun dengan komunikasi yang erat antar masing-masing individu. Â Penggunaan kata-kata "kita", "kami" lebih diutamakan dan lebih sering dipakai daripada kata-kata "saya", "aku". Â Pemilihan kata majemuk untuk subyek manusia akan lebih menguatkan pesan bahwa budaya perusahaan ini selalu melibatkan setiap orang, bukan peran satu orang saja.
3.Pertemuan (Meetings)
Membangun komunikasi untuk dijadikan dasar pengembangan konstruksi budaya perusahaan yang kokoh, difasilitasi dengan adanya meeting-meeting yang produktif. Â Pertemuan rutin, tentatif, dadakan, atau bahkan pertemuan informal, menjadi kerangka penciptaan komunikasi atraktif dan aktif antar individu. Â Meeting yang diarrange harus punya TUJUAN, TEPAT WAKTU, PARTISIPATIF, agar berjalan efektif dan masing-masing orang bertanggung jawab dengan perannya.
4.Bahasa (Language)
Sumber daya manusia dapat berfungsi sebagai ALAT namun dapat pula berfungsi sebagai MANUSIA. Â Komunikasi dijalankan dengan fungsi antar individu sebagai human being bukan hanya sebagai human resources. Â Apakah Anda berperilaku sebagai pendamping atau Anda memposisikan diri sebagai Boss. Â Bahasa yang dipakai dalam komunikasi harus berupa bahasa antar orang yang saling membutuhkan.
5.Bahan Bacaan (Reading Material)
Â
Komunikasi dalam membangun konstruksi budaya perusahaan yang kokoh dapat dimediasikan juga dengan alat bantu berupa majalah, jurnal dan bahan bacaan yang terkait dengan Visi, Misi, Nilai dan Prinsip perusahaan yang dijalankan. Â Visi dan Misi perusahaan perlu dipampang sebagai bahan kampanye pengembangan budaya perusahaan yang diimpikan semua pihak.