Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Bidang “Garapan” Teknologi Pendidikan

19 Maret 2015   09:43 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:26 539 0
Peran professional teknologi pendidikan dalam proses pendidikan dan pelatihan tidak hanya terbatas pada pembuatan media atau melakukan kajian yang berhubungan dengan teknologi canggih seperti komputer dan lainnya. Teknologi pendidikan juga berhubungan dengan suatu perancangan kurikulum, pengembangan program pembelajaran, bagaimana menggunakan teknologi untuk pembelajaran yang tepat sasaran dan kebutuhan manajemen sumber belajar, hingga evaluasi dari kegiatan yang sudah dilakukan. Teknologi pendidikan menjadi suatu kajian disiplin keilmuan yang bertujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran. Pada hakikatnya teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin yang berkepentingan dengan pemecahan masalah belajar (Miarso, 2009: 193).

Tahun 2004, AECT (Association for Educational Communications Technology) menerbitkan definisi teknologi pendidikan, yaitu “The study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources” (AECT, 2004). Teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. Jelas, tujuan utamanya adalah untuk memfasilitasi pembelajaran (agar efektif, efisien dan menarik) dan meningkatkan kinerja. Pada tahun 2008 AECT mengkaji kembali definisi teknologi pendidikan, yang dikemukakan oleh Januszewski, & M. Molenda (2008: 1). Kajian 2008, lebih spesifik menekankan pada studi & etika praktek. Berdasarkan definisi di atas, maka dapat diliustrasikan definisi teknologi pendidikan menurut AECT 2008 sebagai berikut:

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun