Just-in-Time atau disingkat JIT adalah sebuah filosofi manajemen yang berakar di Jepang dan pertama kali muncul pada dekade 1970-an di industri manufaktur Jepang. Untuk pertama kalinya, JIT dikembangkan dan disempurnakan oleh Toyota Motor Manufacturing oleh Taiichi Ohno. Karena jasanya mengembangkan konsep JIT, Taiichi Ohno dijuluki the Father of Just-in-Time. Ide utama JIT adalah menyediakan produk yang diminta pelanggan dengan waktu tunggu sependek mungkin. Artinya, produk diproduksi berdasarkan permintaan pasar dalam waktu sesingkat mungkin. Sesuai dengan namanya, Just-in-Time berarti hanya menyediakan apa yang dibutuhkan, kapan itu dibutuhkan dan juga dalam jumlah yang dibutuhkan. Walaupun JIT lebih dikenal sebagai filosofi manajemen dari Jepang, ternyata Henry Ford telah menjelaskan gambaran konsep JIT ini dalam bukunya yang berjudul My Life and Work yang terbit pada 1923 silam.
KEMBALI KE ARTIKEL