Jika kita cermati, beberapa facebooker, kompasianer dan blogger serta para writer di platform manapun mereka berkarya dan memiliki banyak pengikut, sangat ahli dalam membuat status maupun tulisan yang akan berdampak tergiringnya opini khalayak. Bahkan ada juga yang mampu menggiringnya ke dua sampai tiga arah yang berbeda. Merupakan sebuah kemampuan berfikir dan berbahasa yang sangat kompleks, membutuhkan kematangan pengalaman dan praktek yang panjang sebagaimana ahli komunikasi publik dan periklanan dalam membuat iklan yang efektif, terlepas dari tujuannya baik atau tidak. Di
facebook kita kenal ada
Tere Liye, Muhamad Hosen Hutagalung, Nadirsyah Husen, Jonru, KH. Arifin Ilham, hingga yang terkini dan fenomenal
Afi Nihaya Faradisa (yang terakhir ini saya ambil dari banyaknya audience yang jadi follower, bukan dari faktor kematangan dan pengalaman).
KEMBALI KE ARTIKEL