Penjualan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti selai ubi melalui media online atau e-commerce telah menjadi metode pemasaran yang sangat berpengaruh dalam era digital saat ini. Keunggulan media online yang dapat diakses oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja memberikan dampak positif terhadap efisiensi waktu, biaya, dan tenaga dalam proses penjualan produk.
Sosialisasi ini, dilakukan oleh Mahasiswa Pengabdian Masyarakat R16 Untag Surabaya Luna, agar dapat memberikan informasi mengenai strategi penjualan selai ubi melalui platform media online dan e-commerce. Strategi branding yang diterapkan melibatkan komunikasi produk selai ubi kepada masyarakat untuk meningkatkan pentingnya sebuah brand pada penjualan produk. Penjualan produk dilakukan melalui media online dengan menggunakan foto produk dan video iklan, serta memberikan tips bagaimana desain yang cocok untuk produk selai ubi. Dan memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan TikTok sebagai sarana promosi.
Penggunaan media online dalam penjualan selai ubi memberikan hasil positif dengan memperkenalkan produk kepada masyarakat dan meningkatkan nilai pasar selai ubi. Rekomendasi yang diusulkan adalah meningkatkan kreativitas dalam foto katalog dan video iklan juga desain logo untuk memaksimalkan promosi produk secara online. Kendala yang dihadapi, terutama kurang luasnya pemasaran di media sosial, perlu diatasi agar UMKM Ubi dapat memanfaatkan potensi penuh dari penjualan produk melalui media online. Dengan adanya program kerja ini, Luna berusaha membantu mempromosikan citra produk UMKM khususnya produk selai ubi sehingga target pasarnya tidak lagi lingkup sempit namun meluas karena adanya aksesbilitas media massa yang unlimited.
Dosen Pembimbing Lapangan: Ardhi Islamudin, S.E., M.A.