Menurut academy of pediatrics 2012 dalam maria dan amalia (2016), memaparkan bahwa perkembangan sosial emosional atau disebut SEL pada anak usia dini yaitu suatu usaha anak dalam mengotrol serta mengekspresikan emosional baik emosi yang bersifat positif maupun emosi yang bersifat negatif. Ketika anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya hal itu merupakan bagian dari sosial emosional, dapat dilihat juga saat anak belajar aktif di kelas ataupun di lingkungan, terlihat dari tindakannya mengeksplorasi lingkungan sekitar. SEL merupakan proses belajar anak dalam menyesuaikan diri yang kaitannya dengan pemahaman keadaan maupun perasaan serta bagaimana memberikan respon saat berinteraksi dengan teman sebaya ataupun lingkungan sekitarnya baik diperoleh dengan mendengar,mengamati dan meniru.
Taukah anda anak dengan keterampilan sosial emosional yang kuat, akan terlihat dan tampak siap dalam mengendalikan masalah-masalah yang dihadapi setiap harinya,seperti menciptakan hubungan yang positif, serta menetapkan keputusan yang tepat.
Pengaruh sosial emosional itu sangatlah penting, karena anak tidak dilahirkan sudah mengetahui bagaimana mengontrol emosi, memecahkan masalah dan ketika bersosialisasi dengan orang sekitarnya.Kepandaian seperti ini perlu bahkan harus untuk dikembangkan,itu pentingnya untuk mengetahui beberapa anak perlu akan adanya dukungan dan mendapatkan manfaat adanya sosial emosional.