MELALUI METODE BERNYANYI
DI Â TPA AGNUS DEI Â LEARNING ACADEMY ( ADLA ) JELAMBAR JAKARTA - BARAT
DI SUSUN OLEH
NAMA Â Â Â Â Â : LISNIAWATI
NIM Â Â Â Â Â : 857063106
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Analisis Kegiatan Pengembangan
 Pendidikan Anak Usia Dini
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
UPEJJ -- UT JAKART
UNIVERSITAS TERBUKA
2020
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN ANALISIS KEGIATAN
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Judul Penelitian  : Analisis Pengembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bernyanyi
 di  TPA AGNUS DEI  LEARNING ACADEMY
  ( ADLA)  Jelambar Jakarta -  Barat
Tempat Penelitian : Â TPA AGNUS DEI CARE Jelambar Jakarta - Barat
Hari/ Tanggal  Penelitian :  Rabu, 04 November 2020
Jakarta, 07 Desember 2020
Kepala  DAY CARE TPA AGNUS DEI              Mahasiswa
Â
 Melly Susanna Panjaitan. S. pd Lisniawati
 Â
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah atas perlindungan ridhoNya, kami dapat menyelesaikan dengan baik penelitian ini dengan judul analisis perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi.  Penelitian ini merupakan salah satu syarat bagi penulis untuk mendapat gelar sarjana pada program Studi Pendidikan anak Usia Dini pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Universitas Terbuka. Dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan ini kami menyadari tentunya tidak sedikit kendala, hambatan dan kesulitan yang kami hadapi. Namun, atas bantuan dan bimbingan serta dorongan dari berbagai pihak laporan ini  dapat terselesaikan dengan baik.
`Pada kesempatan ini pula kami mengucapkan banyak terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah turut ambil bagian dalam memberikan masukan ilmu dan pengalamannya  sehingga tersusun buku laporan analisis ini  terutama kepada :
1.Ibu Juhairiyah,S. pd M. pd selaku dosen pembimbing yang penuh kesabaran telah rela meluangkan waktu dan tenaga untuk memberikan bimbingan kepada peneliti dari awal penulisan hingga laporan ini selesai
2.Ibu Melly susanna. S.pd selaku Kepala Sekolah  TPA AGNUS DEI
3.Para dewan guru TPA AGNUS DEI yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk  melakukan obervasi dan wawancara, serta mendokumentasikan beberapa kegiatan
Semoga semua bantuan dan bimbingan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua amiin. Akhirnya peneliti berharap semoga budi baik dan jasa -- jasa semua pihak mendapat balasan dari Allah SWT. Saya menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna, semoga apa yang ada dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca umumnya.
Jakarta, 25 Oktober 2020
Â
     LISNIAWATI
DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A.Latar Belakang................................................................................
B.Fokus Penelitian...............................................................................
C.Tujuan Penelitian
D.Manfaat Penelitian
BAB II KAJIAN TEORI
A.Pengertian Taman Penitipan Anak (TPA)
B.Perkembangan Bahasa Anak
C.Metode Bernyanyi
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A.Subjek Penelitian..................................................
B.Metode Penelitian....................................................
C.Instrumen Penelitian................................................
 BAB IV ANALISI DATA
A.Tabulasi Data
B.Analisis Kritis.....................................................
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.Kesimpulan...........................................................
B.Saran.......................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi. Melalui bahasa manusia dapat berinteraksi dan berkomunikasi mengemukakan hasil pemikirannya dan dapat mengekpresikan perasaan. Perkembangan bahasa memiliki peranan penting yang harus diperhatikan sejak dini karena memiliki pengaruh terhadap kelangsungan hidup seseorang, baik sekarang  maupun dimasa yang akan datang.
Ada sejumlah keuntungan yang diperoleh anak jika memiliki keterampilan berbahasa sejak dini. Adamson (dalam Santrock, 2002, hlm. 182) mengungkapkan bahwa pengenalan bahasa lebih dini dapat mempermudah memperoleh keterampilan bahasa yang lebih baik. Anak yang cenderung memiliki kemampuan bahasa yang baik dapat diterima dengan baik oleh teman-temannya, sebaliknya anak yang mengalami hambatan dalam bahasa dapat menghambat anak dalam berkomunikasi dengan temannya
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diamati bahwa pada anak di TPA AGNUS DEI memiliki permasalahan yang bervariasi dalam berbahasa terutama berbicara, diantaranya masih rendahnya keterampilan pengembangan kosakata dalam mengucapkan kata yang diperlukan untuk berkomunikasi. Kemudian dalam pengucapan salah satunya anak belum jelas dalam pengucapan kata/huruf, dan dalam pembentukan kalimat anak belum mampu menyusun kalimat sederhana dengan bahasa yang jelas dan benar.
Mengacu pada permasalahan yang diuraikan di atas, salah satu metode yang dapat digunakan dan yang erat kaitannya dengan dunia anak yaitu metode bernyanyi. Bernyanyi merupakan suatu alat bagi anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya, anak-anak sangat senang bernyanyi karena dengan bernyanyi dapat memberikan kepuasan bagi diri mereka. Bernyanyi diharapkan akan mampu memberikan rangsangan terhadap anak-anak,
 baik rangsangan kognitif atau pemahaman mereka terhadap ucapan yang mereka hasilkan, dan sejauh mana pengaruh pelajaran tersebut terhadap perkembangan mereka, terutama rangsangan alat ucap atau dengan kata lain berbicara yang memiliki permasalahan.
 Berdasarkan paparan di atas maka peneliti tertarik melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi di TPA AGNUS DEI.
B.FOKUS PENELITIAN
Setelah diadakan observasi, dan wawancara di TPA AGNUS DEI, maka peneliti terfokus pada perkembangan bahasa anak melalui metode bernyanyi di TPA AGNUS DEI.
C.TUJUAN PENELITIAN
Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu memperoleh data tentang pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap peningkatan bahasa anak di TPA AGNUS DEI.  Adapun secara lebih khusus penelitian ini bertujuan sebagai berikut: Untuk mengetahui tingkat kemampuan perkembangan bahasajh anak  di TPA AGNUS DEI  dengan menggunakan metode bernyanyi
D. MANFAAT PENELITIAN
 Penelitian ini bermanfaat untuk :
1.Bagi Anak Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat terhadap anak dalam meningkatkan dan mengembangkan keterampilan berbahasa terutama keterampilan berbicara kepada anak secara aktif sesuai dengan tahapan perkembangannya.
2.Bagi Guru Penelitian ini diharapkan dapat membuka wawasan para guru tentang keterampilan berbicara yang harus dicapai anak sesuai dengan perkembangamya dan diharapkan guru dapat menganalisis terjadinya permasalahan tentang pembelajaran berbahasa dan usaha mengatasinya dan membantu guru dalam mengembangkan program pembelajaran bahasa terutama kemampuan berbicara yang mengacu pada perkembangan anak.
BAB II
KAJIAN TEORI
A.Pengertian Taman Penitipan Anak (TPA)
Tempat Penitipan Anak (TPA) merupakan salah satu bentuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang secara tegas diamanatkan oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa PAUD adalah  "suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut".
Khususnya mengenai TPA menurut modul Pendidikan Anak Usia Dini yang dikeluarkan oleh Direktorat PAUD, yang dimaksud dengan TPA adalah salah satu bentuk PAUD pada jalur pendidikan nonformal sebagai wahana kesejahteraan yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya bekerja. TPA merupakan layanan PAUD yang menyelenggaran pendidikan sekaligus pengasuhan terhadap anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun (dengan prioritas anak usia di bawah 4 tahun).
Dengan demikian, TPA merupakan salah satu bentuk layanan PAUD yang berusaha menggabungkan dua tujuan, yaitu tujuan pengasuhan karena orang tua anak bekerja serta tujuan pendidikan melalui program-program pendidikan anak usia dini. Dalam hal ini TPA merupakan solusi terbaik bagi orang tua yang keduanya bekerja yang diharapkan anak-anak mereka aman dan memperoleh pendidikan yang baik. Â
B.Perkembangan Bahasa Anak
1.Pengertian Bahasa
   Menurut Poerwadarminta (2007: 80) bahasa adalah sistem lambang yang berupa sembarang bunyi (bunyi bahasa) dipakai orang untuk melahirkan pikiran dan perasaan dalam memperluas pengetahuan. Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri (Moeliono (Peny.), 2007: 88.)
   Menurut Kridalaksana (2009: 24) bahasa adalah sistem lambang bunyi yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
   Bahasa merupakan alat komunikasi bagi setiap orang, termasuk anak-anak. Anak dapat mengembangkan kemapuan sosialnya ( sosial skil ) melalui berbahasa dengan lingkungan sosial dimulai dengan penguasaan kemampuan berbahasa, melalui berbahasa anak dapat mengekspresikan pikiran nya sehingga orang lain dapat mengerti dan menangkap apa yang dipikirkan oleh anak dan dapat menciptakan suatu hubungan sosial, dengan kemampuan berbahasa anak juga dapat mengembangkan kemampuan lain yang beehubungan dengan kemampuan bahasa yaitu, berbicara, menulis, membaca, (Conny SR:2008)
2.Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
    Menurut Desmita ( 2009 : 138 ) perkembangan bahasa anak yang sesuai dengan norma tata bahasa, belum bisa selesai pada usia 12-18 tahun. Oleh karena itu anak harus banyak belajar bicara baik dengan menggunakan bahasa yang halus. Pengembangan kemampuan dasar  meliputi beberapa pengembangan berbahasa. Sebagai alat komunikasi, bahasa
merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan anak. Disamping itu bahasa juga merupakan alat untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain yang sekaligus berfungsi untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain.
C.Metode Bernyanyi
Pengertian Metode Bernyanyi
Mengemukakan bahwa sejak lahir anak secara biologis sudah dilengkapi dengan kesenangan untuk merespon suara-suara orang. dari pendapat tersebut bahwa bernyanyi
merupakan bakat yang bersifat alamiah yang dimiliki serta dibutuhkan oleh setiap individu. kegiatan bernayanyi merupakan sebuah kegiatan yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran.
Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh anak-anak. Hampir setiap anak sangat menikmati lagu-lagu atau nyanyian yang didengarkan, lebih-lebih jika nyanyian tersebut dibawakan oleh anak-anak seusianya dan diikuti dengan gerakan-gerakan tubuh yang sederhana. Metode bernyanyi menurut para ahli :
a. Â Â Tantranurandi mengungkapkan bahwa metode bernyanyi ialah suatu metode yang melafazkan suatu kata atau kalimat yang dinyanyikan.
b    Campbell (2003:10) mengemukakan metode bernyanyi adalah anak - anak merasakan kebahagiaan ketika mereka bergoyang, menari, bertepuk dan menyanyi bersama seseorang yang mereka percayai dan cintai.
Dari beberapa pengertian di atas dapat saya simpulkan bahwa metode bernyanyi adalah suatu metode yang sangat penting bagi anak ,karena bernyanyi itu merupakan suatu kegiatan yang sangat di sukai oleh semua anak supaya mereka tidak merasa bosan dalam melakukan sebuah kegiatan, melalu bernyanyi tersebut anak juga bisa mengembangkan aspek bahasanya.melalui metode bernyanyi itu anak bisa mengeluarkan ekspresinya di saat bernyanyi. jadi metode bernyanyi itu juga bisa untuk menumbuhkan rasa semangat bagi anak dalam melakukan pembelajaran.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah anak -- anak, pendidik dan pimpinan sekolah  TPA AGNUS DEI sebanyak 4 orang. Berlokasi di  Jl. Rosela 5, Blok DD, no. 6A kelurahan Wijaya Kusuma Jelambar Jakarta Barat. Visi Agnus Dei membangun anak -- anak seutuhnya di dalam Tuhan, siap untuk pemikiran -- pemikiran besar sesuai dengan panggilan mereka masing -- masing. Misi Agnus Dei membangun kecerdasan rohani /spiritual, kecerdasan emosi, kecerdasan adversity, kecerdasan  intelektual dan kesehatan  jasmani. Nilai -- nilai : hidup beribadah  kepada Tuhan, mengasihi, jujur  dan disiplin.
B.Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode Interpretatif  yaitu  pengamatan  video yang yang dimiliki oleh pihak sekolah.
C.Instrumen Penelitian
Instrument penelitian yang digunakan adalah :
1.Observasi. Yaitu mengamati perkembangan bahasa anak ketika bernyanyi melalui video dan foto -- foto ketika anak -- anak bernyanyi.
2.Wawancara yaitu suatu teknik mengumpulkan data dari kepala sekolah dan guru kelas untuk  menggali informasi lebih mendalam mengenai fokus  penelitian yaitu pengembangan bahasa dengan metode bernyanyi di TPA AGNUS DEI
3.Dokementasi yaitu salah satu tehnik pengumpulan data untuk mengumpulkan bukti -- bukti dan penjelasan yang lebih luas mengenai fokus penelitian pengembangan bahasa dengan metode bernyanyi di TPA AGNUS DEI
BAB IV
ANALISIS DATA
A.Tabulasi Data
Untuk memudahkan analisis data maka data hasil penelitian disebut tabulasi data sebagai berikut. Observasi, wawancara, dan dokumentasi.
ObservasiWawancara guruDokumentasi
Dalam pengamatan peneliti melalui video anak di TPA AGNUS DEI, perkembangan bahasa mereka dalam berbicara masih belum jelas apa yang mereka ucapkan, masih ada satu sampai dua huruf yang tidak jelas pengucapannya.
Guru kelas pun menjelaskan bahwa perkembangan bahasa anak harus di rangsang sedini mungkin agar kemampuan bahasa anak terutama dalam pengucapan akan lebih baikFoto salah satu kegiatan bernyanyi di TPA AGNUS DEI
Salah satu metode untuk melatih perkembangan bahasa anak yang dilakukan di TPA AGNUS DEI adalah bernyanyi. Dengan bernyanyi secara tidak sadar anak sudah belajar pengucapan yang benar ketika bernyanyi
Pemilihan dengan metode bernyanyi dipilih karena bernyanyi adalan  hal yang paling disenangi anak, dan didalam bernyanyi pu ada gerek -- gerak dan tepuk -- tepuk yang di sukai anak, dan pemilihan lagu pun dipilih yang paling mudah diucapkan oleh anak dan lagu yang berhubungan dengan lingkungan anak
B.Analisis Kritis
Bahasa merupakan alat komunikasi bagi setiap orang, termasuk anak-anak, anak dapat mengembangkan kemapuan sosialnya ( sosial skil ) melalui berbahasa dengan lingkungan sosial dimulai dengan penguasaan kemampuan berbahasa. Anak yang cenderung memiliki kemampuan bahasa yang baik dapat diterima dengan baik oleh teman-temannya, sebaliknya anak yang mengalami hambatan dalam bahasa dapat menghambat anak dalam berkomunikasi dengan temannya.
Pengembangan bahasa anak di TPA AGNUS DEI sangat diperhatikan oleh pendidik karena bahasa merupakan alat komunikasi yang peling penting yang harus dimiliki anak dan dengan kemapuan bahasa yang baik akan menumbuhkan rasa percaya diri anak ketika bergaul dengan teman sebayanya. Metode bernyanyi dipilih oleh pendidik karena bernyanyi merupakan metode yang paling disukai anak karena di dalam bernyanyi bukan hanya ada kata -- kata tetapi ada juga gerak -- gerak dan tepuk -- tepuk sehingga anak antusias mengikuti nyanyian.
sebagaimana Campbell (2003:10) mengemukakan metode bernyanyi adalah anak - anak merasakan kebahagiaan ketika mereka bergoyang, menari, bertepuk dan menyanyi bersama seseorang yang mereka percayai dan cintai.
Â
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.KESIMPULAN
Dari tabulasi dan analisis data dapat disimpulkan beberapa hal yaitu sebagai berikut :
a.Di TPA AGNUS DEI  dalam kegiatan pengembangan bahasa anak dapat dilakukan dengan  bermacam -- macam kegiatan, Salah satu metode yang paling mudah dilakukan adalah bernyanyi. Bernyayi adalah hal yang paling disenangi anak.
b.Dalam pengembangan bahasa anak  di TPA AGNUS DEI  pendidik sangat memperhatikan karena perkembangan bahasa merupakan perkembngan istimewa harus harus dimiliki anak.
B.SARAN
1.Sebagai seorang guru dalam mengajarkan pengembangan bahasa anak harus mencontohkan dengan pengucapan lagu yang benar.
2.Dalam kegiatan pengembangan bahasa anak dengan metode bernyanyi pilih lagu yang singkat dan mudah diucapakan oleh anak, dan pilih lagu untuk bernyanyi yang sesuai dengan usia perkembangan anak.
DAFTAR PUSTAKA
Campbell, N.A. 2003. Biologi Jilid II. Jakarta: Erlangga.
Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakary
Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.
Meliono, Anton M (Peny). 2007. Â Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development; Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
Semiawan, Conny R. Prof.Dr.2008.Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Index.
LAMPIRAN TPA
Â
Â
PROFIL SEKOLAH
1.Nama TPA Â : Daycare Agnus Dei Learning Academy (ADLA)
2.NPSN: -
3.Alamat Sekolah: Jl. Rosela 5 Blok DD, No 6 A
4.Kecamatan: Grogol Petamburan
5.Kelurahan: Wijaya Kusuma
6.Telepon: 0858 9081 7647
7.Status TPA: Â dalam proses
8.Tahun Berdiri: 2012
9.Organisasi Penyelenggara : Westmister Consulting di Malaysia
TATA TERTIB TPA Â AGNUS DEI
I. TATA TERTIB ANAK
A.WAKTU KEGIATAN DI SEKOLAH
1.Hari aktif sekolah
a.Anak bersekolah 5 (lima) hari dalam satu minggu,yaitu hari Senin s/d Jumat.
b.Extra Daycare pada hari libur dapat dilakukan dengan perjanjian terlebih
dahulu.
2.Jam masuk dan pulang sekolah
a.Kedatangan pukul 07.15 WIB
b.Kepulangan pukul 17.30 WIB
c.Batas penjemputan anak pukul 18.00 WIB
3.Extended pagi/ sore dikenakan biaya Rp.35.000,00/ jam atau Rp 25.000,00/30
menit.
4.Ijin tidak masuk sekolah
a.Apabila anak tidak masuk sekolah karena sakit/sesuatu hal, orang tua wajib
menginformasikan kepada Tata Usaha atau Direktur Sekolah.
b.Orang tua murid dapat mengajukan cuti untuk anak selama 1 (bulan)dengan
membayar SPP sebesar 30%.
c.Orang tua murid dapat mengajukan cuti untuk anak maksimal 3 (tiga) kali dalam
1 (satu) tahun
d.Apabila tidak melakukan pembayaran biaya cuti selama 3 bulan dinyatakan
mengundurkan diri. Apabila masuk kembali wajib membayar biaya cuti dan biaya
daftar ulang
B.BARANG BAWAAN ANAK
1.Membawa pakaian ganti sesuai kebutuhan anak,diapers,susu dan alat mandi.
2.Boleh membawa sarapan pagi dari rumah dan makan di sekolah.
3.Boleh membawa snack sehat dari rumah
4.Tidak dibolehkan membawa permen dan makanan yang terlalu manis dari rumah.
Apabila ditemukan, guru akan menyimpan dan mengembalikan kembali ketika pulang.
5.Tidak dibolehkan membawa mainan dari rumah yang menganggu fokus kegiatan.
6.Tidak dibolehkan memakai perhiasan/ asesories yang berlebihan.
C. .PEMBERITAHUAN/INFORMASI DARI SEKOLAH
1.Sekolah menyampaikan pemberitahuan, informasi dan laporan melalui:
a.Buku penghubung harian
b.Surat edaran resmi
c.WA grup keluarga Bike
d.Rapor Tengah Semester
e.Rapor semester ganjil dan genap.
II.TATA TERTIB ORANG TUA/ WALI MURID
A.PENAMPILAN
1.Orang tua/wali murid/pengantar/penjemput yang masuk ke lingkungan sekolah
Bintang Kecil Educares wajib berpakaian sopan dan rapi. Tidak memakai rok mini/
celana pendek/ baju tanpa lengan bagi wanita dan laki-- laki berpakaian sopan.
2.Berbicara dan berperilaku positif selama berada di lingkungan sekolah.
3.Dilarang merokok dilingkungan sekolah.
JUMLAH RUANGAN
 DAYCARE AGNUS DEI LEARNING ACADEMY ( ADLA )
NoRUANGANJUMLAH
1Kelas Playgroup 1
2Kelas Pra TK merangkap ruang tidur ber AC1
3Kelas TK A Ruang Ibadah merangkap ruang ibadah1
4Kelas TK B Â merangkap ruang serbaguna1
5Toilet3
6Wastafel2
7Dapur1
8Playground1
9Ruang tamu2
Â
DATA ANAK
 DI TEMPAT PENITIPAN ANAK  (TPA) AGNUS DEI
NoNAMATEMPAT/TANGGAL LAHIRJENIS KELAMIN
1Aquino LunazioJakarta, 13 Juli 2014L
2KennethJakarta, 13 Oktober 2014L
3KayleenJakarta, 10 Oktober 2014P
4LeonardJakarta, 22 Agustus 2014L
5FredellaJakarta, 21 Desember 2013P
6QueenlyManado, 20 September 2014P
7Austin Immanuel PhanJakarta, 9 Desember  2013L
8DaveJakarta, 12 Maret 2015L
9GraciaSalatiga, 15 November 2015 P
10EbenJakarta, 3 September 2015L
11JordanJakarta, 13 Mei  2015L
12YohanesTangsel, 17 April 2015L
13JaydenJakarta , 10 Â Maret 2015L
14CarrenJakarta, 29 Juni 2016P
15Stevanus SandersJakarta, 8 Agustus 2016L
16Davin Aurelius Hamonangan Simangunsong AlbertJakarta, 1 November 2015L
17Albert Theodorus Tjhin MangindaanBandung, 26 April 2017L
18Owen Ozora LisastraJakarta, 11 Oktober 2018L
19Steven Jeremy ChandraJakarta, 19 Agustus 2013L
Foto kegiatan penelitian