Seorang guru dalam melaksanakan tugasnya selain mendidik adalah mengajar. Jadi guru dituntut agar bisa memberikan pembelajaran kepada murid yang menyenangkan, agar murid antusias dalam belajar. Jika guru mengajar dengan cara monoton setiap harinya, tentu murid akan bosan sehingga tidak aktiv dalam pembelajaran.
Jadilah guru yang humble, sehingga murid bisa meraskan kenyamanan tidak dibawah tekanan. Kalau murid tidak antusias dalam belajar dan sama sekali nggak memiliki motivasi dalam belajar, maka guru haruslah mencari akar penyebab masalahnya. Jika sudah dicari akar penyebab masalah tentunya membuat pemecahan masalah.
Jadi seorang guru harus peka melihat kondisi dalam pembelajaran. Apabila murid tidak antusias dalam belajar, jikalau sumber akar masalah pada guru yang menyampaikan materi monoton tidak menarik, sehingga guru harus membuat pemecahan masalah dengan penyampaian materi yang inovatif dan menambah penggunaan media yang membuat siswa tertarik untuk belajar.
Jadi seorang guru haruslah adaptif, karena guru merupakan designer pembelajaran. Guru mendesign kegiatan pembelajaran dengan melibatkan dan memperhatikan apa yang menjadi kesukaaan murid secara positif, sehingga akan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Guru yang humble dan hangat serta memiliki kedekatan dengan murid tentunya menjadikan penyemangat murid dalam belajar.