Maria Montessori hadir dengan metode Montessori yang memiliki peran penting dalam pendidikan anak-anak. Untuk dapat mencapai potensi maksimum anak-anak, Montessori menyatakan bahwa ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan yaitu:Â
- Lingkungan belajar: ciri khas Montessori adalah lingkungan belajar yang tanpa sekat, ada area aktivitas yang simple dan ukuran properti sesuai dengan perkembangan (fisik dan psikis) anak.
- Anak (murid itu sendiri): dasar-dasar Montessori dalam belajar adalah aktivitas bebas bertanggung jawab, mengikuti kemauan  dan kemampuan anak, dan mengikuti empat tahapan perkembangan anak (absorbing mind, reasoning mind, humanistic mind, dan specialist mind)
- Materi pembelajaran: berdasarkan tahapan perkembangan anak, materi pembelajaran yang diberikan bersifat sensory rich, banyak aktivitas fisik, kemampuan kognitif, anak dilatih untuk self-correction, dan bertanggung jawab.
- Orang dewasa (guru): berdasarkan tahapan perkembangan anak dan juga materi pembelajaran yang diberikan, guru berperan psif di kelas yaitu menjadi pengamat. Guru juga bertugas untuk merangsang self-satisfaction anak dalam pembelajaran, yang dapat didiperoleh dari keberhasilan anak dalam menyelesaian tugasnya.
KEMBALI KE ARTIKEL