Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Pemilihan Media

10 November 2011   09:23 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:50 112 0

Pemilihan media
dalam proses pembelajaran menjadi hal yang sangat mempengaruhi proses
pembelajaran tersebut, ada baiknya jika pendidik memperhatikan hal-hal seperti
berikut dalam menentukan pemilihan media pembelajarannya: 1) sudah akrab dengan
media yang akan dipakai, 2) media yang dipilih dapat menggambarkan lebih baik,
3) media yang dipilih dapat menarik minat dan perhatian siswa.


Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, dari segi
teori belajar prinsip-prinsip psikologis yang perlu mendapat pertimbangan dalam
pemilihan dan penggunaan media adalah sebagai berikut: 1) Motivasi. Harus ada minat atau keinginan untuk belajar dari pihak
siswa. 2) Perbedaan individual.
Tingkat kecepatan penyajian informasi melalui media harus berdasarkan kepada
tingkat kepemahaman, karena tingkat kepemahaman masing-masing individu berbeda.
3) Tujuan pembelajaran. Tujuan ini
akan membantu untk menentukan bagian isi yang menjadi pokok dalam pembelajaran.
4) Organisasi isi. Pembelajaran akan
lebih mudah jika isi dan prosedur yang akan dipelajari diatur dan
diorganisasikan kedalam urutan-urutan yang dapat dimengerti. 5) Persiapan sebelum belajar. Ketika
merancang materi pelajaran sebaiknya perhatian siswa ditujukan kepada sifat dan
tingkat persiapanya dalam menerima materi pelajaran. 6) Emosi. Pembelajaran yang melibatkan emosi dan perasaan amat
berpengaruh dan bertahan, oleh sebab itu perhatian khusus harus ditujukan kepada
elemen-elemen rancangan media yang berkaitan dengan pengetahuan dan sikap. 7) Partisipasi. Kegiatan fisik ataupun
mental yang dilakukan oleh siswa disela-sela penyajian materi pelajaran
lebihdiperlukan dibanding hanya mendengarkan dan menonton secara pasif. 8) Umpan balik. Hasil belajar dapat
meningkat apabila siswa selalu diinformasikan kemajuan belajarnya. 9) Penguatan. Pembelajaran yang didorong
keberhasilan amat bermanfaat, dapat membangun kepercayaan diri dan secara
positif mempengaruhi perilaku dimasa yang akan datang.10) Latihan dan pengulangan.
Agar suatu pengetahuan atau keterampilan dapat menjadi bagian kompetensi
haruslah pengetahuan itu serimg diulangi dalam berbagai konteks. 11) Penerapan. Hasil belajar yang diinginkan
adalah ketika peserta didik mampu untuk menerapkan dan mentransfer hasil
belajar, tanpa adanya ini pemahaman belum dikatakan sempurna dan dikuasai.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun